Percepat Herd Immunity, Bupati dan Wakil Bupati Jember, Monev Vaksinasi Door To Door

Bupati Jember Hendy Siswanto, saat Monev di Balai Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo.
Bupati Jember Hendy Siswanto, saat Monev di Balai Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo.

Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto, ST, IPU dan Wakil Bupati Jember, KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman, melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) door to door meninjau langsung proses vaksinasi di beberapa titik lokasi berbeda di Kabupaten Jember, Sabtu (15/1). Langkah ini sebagai upaya menggenjot atau percepatan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Jember.


Diketahui, Bupati dan Wakil Bupati Jember, berbagi tugas untuk melakukan Monev di 2 tempat. Bupati Hendy didampingi Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr. Hj. Lilik Lailiyah mengunjungi Ponpes Baitul Hikmah dan Kantor Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo. Sedangkan Wakil Bupati Jember,  meninjau di pelaksanaan vaksinasi di  Desa Kemuningsarilor Kecamatan Panti. 

Menurut Bupati Hendy, sesuai data hingga Jumat (14/01) kemarin, jumlah capaian vaksinasi Kabupaten Jember telah mencapai 67,5 persen.

"Tinggal sedikit lagi untuk mencapai target 70 persen, semoga hari ini bisa tercapai," harap Bupati Hendy, dikutip Kantor berita RMOLJatim, saat menghadiri acara vaksinasi Kantor Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo, Sabtu (15/01).

Dihadapan warga dia  menjelaskan pentingnya vaksinasi, untuk memperkuat kekebalan tubuh supaya tidak mudah terserang Covid-19. Apalagi saat ini varian baru Covid-19, Omicron sudah masuk ke Indonesia. Namun dia mengimbau masyarakat untuk tidak panik. 

"Yang penting disiplin menjalankan protokol kesehatan, terutama memakai masker dan lakukan vaksinasi," katanya. 

"Target kita sampai akhir Januari sudah ada sekitar 70% dan dosis vaksin 2 telah 60%, sehingga kedepan Jember bisa masuk level 1," sambungnya.

Bupati Hendy juga meminta semua pihak untuk menjaga kondisi dan situasi di Kabupaten Jember tetap baik dan terkendali, yakni dengan mempertahankan jumlah kasus aktif tetap rendah. Tingkat penularan terus diawasi, agar bertahan di bawah angka satu persen, dan jangan sampai terjadi lonjakan kasus.

Sedangkan Wakil Bupati Jember, yang biasa disapa Gus Firjaun, didampingi Muspika Panti, ditempat terpisah, juga  meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Desa Kemuningsarilor Kecamatan Panti.  

Dalam arahannya, Gus Firjaun mendorong pemerintah setempat dan masyarakat untuk meningkatkan kreativitas, inovasi dan produktivitas masyarakat, utamanya dalam kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi. 

"Utamanya kepada lansia yang lebih rentan terhadap resiko penularan Covid-19," katanya. 

Dia meminta kepada Camat, Kades, bhabinkamtibmas, Babinsa dan tenaga Kesehatan untuk Door to door melakukan vaksinasi.  Langkah ini sebagai upaya percepatan tercapainya Herd Immunity 70 persen dari penduduk sasaran vaksin. 

"Untuk melakukan percepatan kalau memang diperlukan untuk menjemput ya menjemput dan door to door dalam percepatan vaksin," tegas Pengasuh Ponpes Ashiddiq putra (Astra) ini. 

Selain vaksinasi, juga ada pelayanan adminduk di Balai Desa Kemuningsarilor. Setelah vaksin, warga langsung  mengurus KTP atau KK di Adminduk mobile.