Kenalkan Ijen Geopark Bondowoso, SMPN 2 Tamanan Undang Siswa Sekolah Dasar

Sosialisasi Ijen Geopark oleh SMPN 2 Tamanan/RMOLJatim
Sosialisasi Ijen Geopark oleh SMPN 2 Tamanan/RMOLJatim

Pengenalan Ijen Geopark di Kabupaten Bondowoso sudah mulai dilaksanakan berbagai kalangan termasuk di lembaga pendidikan.


Seperti dilakukan SMPN 2 Tamanan yang memiliki program pengenalan Ijen Geopark dengan mengundang pihak duta Ijen Geopark Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Tamanan.

Kepala SMPN 2 Tamanan, Samsul mengatakan, pihaknya memiliki program sosialisasi Ijen Geopark dengan menyisir siswa SD di kecamatan Tamanan. Hari ini SDN Kemirian 01 yang berkesempatan hadir penuhi undangan.

"Target kami seluruh SD se kecamatan Tamanan, sekarang baru 2 sekolah yang sudah kami undang," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (22/1).

Kemudian, para siswa SD yang di undang tersebut akan diarahkan menuju Geopark corner untuk nantinya di jelaskan apa yang itu Geopark.

"Kami memiliki duta Geopark yang diisi para OSIS, nantinya OSIS ini yang lebih dulu menyebarkan kepada teman-temannya," sambungnya.

Ditambahkannya oleh Rica Susilowati, Tim Kreator Ijen Geopark SMPN 2 Tamanan, pengenalan Ijen Geopark memang sudah menjadi program pemerintah kabupaten Bondowoso melalui Dinas Pendidikan untuk nantinya diteruskan kepada para guru dan berlanjut kepada siswa.

Selama ini, Ijen Geopark sudah mulai di masukkan dalam beberapa mata pelajaran dengan cara menyelipkan melalui pelajaran yang berkaitan IPS, IPA dan bahasa Indonesia.

"Seperti saya waktu mengisi pelajaran ips, ketika saya menjelaskan tentang bentang alam maka saya jelaskan bentang alam Bondowoso, itu kan juga mengarah ke Geopark," tuturnya.

Di tempat yang sama, Wali kelas 6, SDN Kemirian 01, Rofika menambahkan pihaknya bersama jajaran guru dan siswa yang menjadi duta Geopark SDN kemirian 01 hadir untuk mengintegrasikan Ijen Geopark yang selama ini dipahami untuk kembali didalami.

"Kami hadir karena disini kami rasa lengkap miniatur Ijen Geopark," terangnya.

Terlebih, Kata Rofika pelajaran tentang Ijen Geopark juga sudah mulai masuk hingga sekolah dasar.

"Harapan kami usai belajar disini nantinya akan diketuk tularkan kepada siswa yang lain," pungkasnya.