Waspada Lonjakan Omicron, Kesiapan Rumah Sakit di Banyuwangi Ditinjau

Bupati Ipuk meninjau kesiapan RSUD Blambangan mengantisipasi terjadinya lonjakan Covid-19 varian Omicron/dok. Humas Pemkab Bwi
Bupati Ipuk meninjau kesiapan RSUD Blambangan mengantisipasi terjadinya lonjakan Covid-19 varian Omicron/dok. Humas Pemkab Bwi

Pemkab Banyuwangi menyatakan mewaspadai lonjakan Covid-19 varian Omicron. Untuk itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, meninjau kesiapan RSUD Blambangan.


Apalagi, dikatakan Ipuk, saat ini status PPKM di Banyuwangi naik menjadi Level 2.

"Kami meninjau kesiapan rumah sakit daerah apabila nantinya ada lonjakan kasus Covid-19. Namun semoga saja tidak terjadi," kata Ipuk, usai meninjau RSUD Blambangan, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (8/2). 

Bupati Ipuk meninjau ketersediaan bed di ruang isolasi dan ICU, serta ruangan yang nantinya bisa digunakan perawatan pasien Covid-19 apabila terjadi lonjakan. Selain itu, Ipuk juga meninjau ketersediaan oksigen di rumah sakit tersebut. 

Saat ini kasus aktif Covid-19 di Banyuwangi cukup tinggi yakni terdapat 192 kasus. Namun hanya 10 pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Blambangan. 

"Saat ini kami mempersiapkan semuanya, mulai dari bed, obat-obatan, dan oksigen. Selain itu, salah satu yang harus dipersiapkan lagi adalah tambahan tenaga kesehatan," kata Ipuk. 

"Sebelumnya kami sudah melakukan perekrutan relawan. Jika nanti ada lonjakan kasus, akan kami rekrut kembali. Namun semoga saja tidak ada lonjakan seperti pada pertengahan 2021 lalu," tambah Ipuk. 

Sementara Direktur RSUD Blambangan dr Widji Lestariono mengatakan, telah mengirimkan 20 sample pasien kasus aktif di Banyuwangi ke Surabaya. Apakah kasus tersebut terindikasi Omicron atau tidak. 

"20 sample dari kasus aktif telah dikirim ke Surabaya. Kami menunggu hasilnya," ujar dr Rio tersebut. 

Rio menambahkan apabila terjadi lonjakan, RSUD akan melakukan skema-skema perencanaan. "Saat ini kami telah mempersiapkan sarana, obat-obatan, oksigen, dan lainnya. Semoga saja tidak ada lonjakan," kata Rio.