Hari Pers Nasional, Untari Jabarkan Peran Pers Ditengah Era Digitalisasi

Sri Untari/ist
Sri Untari/ist

Pers memiliki peranan penting dalam perkembangan sejarah Bangsa Indonesia. Sedari masa pra-kemerdekaan hingga saat ini, Pers telah turut andil dalam berbagai peristiwa-peristiwa besar untuk dapat menyampaikan informasi yang cepat, akurat, dan objektif keseluruh penjuru tanah air.


Oleh sebab itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Jawa Timur, Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP. meminta kepadan insan pers dalam perayaan Hari Pers Nasional Tahun 2022, untuk selalu berpegang teguh terhadap kode etik jurnalistik, sebagaimana diamanhkan dalam UU Nomor 40 Tahun 1999.

"Oleh karena itu dalam kesempatan ini, saya sebagai pelaku gerakan koperasi, tokoh partai, dan Anggota DPRD Provinsi Jatim, memberikan apresiasi yang tinggi kepada insan pers nasional, yang telah ikut bekerja di dalam membangun iklim demokratisasi yang baik di Indonesia," kata Sri Untari, Kamis (10/2/2022).

Dia menekankan, di era digitalisasi saat ini pers dihadapkan pada banyak tatangan. Terutama terkait bias informasi, seperti maraknya informasi hoax yang menimbulkan perpecahan ditengah-tengah masyarakat dewasa ini.

Oleh sebab itu, Untari meminta agar pers mampu menjaga objektivitas sehingga mampu menjadi penengah dalam upaya menetralisir persebaran informasi hoax yang berkembang ditengah masyarakat. 

Sehingga, pers memiliki peran yang sangat strategis ketika dapat memberikan informasi yang tepat, objektif, dan diperkaya dengan beragam referensi yang bisa memperkaya pemahaman juga pengetahuan masyarakat.

"Kita (Pemerintah dan Pers) saling mendukung untuk bisa memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan demokratisasi yang dilandaskan kepada prinsip keterbukaan," terangnya.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur tersebut berharap, agar kedepannya pers dapat menjadi mitra strategis pemerintah untuk memberikan support terhadap pembangunan iklim demokrasi di Jawa Timur lebih baik kedepannya. 

"Kerja-kerja politik, kerja-kerja kemanusiaan, kerja-kerja pemerintahan, semuanya itu akan bisa tergambarkan kepada masyarakat melalui media. Maka media adalah jalan utama bagi kita untuk bisa membangun konstruksi yang positif," imbuh Legislator dari Dapil Malang Raya ini.

"Juga kerja-kerja dari kader-kader PDI Perjuangan dan kerja kerja organisasi yang kami berikan kepada masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, bisa disampaikan dan diberitakan oleh rekan-rekan media," tambah Untari.

Selaku Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Untari juga berharap adanya dukungan dari rekan-rekan pers untuk bisa mengangkat derajat Koperasi dan UMKM di Indonesia, yang selama ini masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

"Bisa mengangkat derajat Koperasi dan UMKM ini untuk bangkit melalui media. Karena sejatinya Koperasi dan UMKM ini adalah penyangga ekonomi nasional sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," tegasnya.

Menutup penyampaiannya, Untari mengajak insan pers bersama dengan pemerintah bersama-sama membangun kolaborasi untuk mewujudkan sebuah kondisi yang harmoni. Sehingga pembangunan pembangunan di Jawa Timur manfaatnya benar-benar bisa dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat.

"Selamat Hari Pers Nasional. Mari kita bagun demokratisasi Indonesia dengan keterbukaan, yang dilandaskan oleh etika politik dan etika jurnalistik," pungkasnya.