Di Balik Safari Politik Pimpinan Parpol ke Jatim, Khofifah Masuk Radar Pilpres

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh/Ist
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh/Ist

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi salah satu kandidat yang diperhitungkan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 


Hal ini terlihat dari safari politik sejumlah tokoh Parpol ke Jawa Timur yang bertemu dengan Khofifah. Sebut saja Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua DPP PDIP dan juga Ketua DPR Puan Maharani hingga Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. 

"Aroma politik mereka sangat kentara menuju 2024. Tidak bisa dipungkiri Khofifah jadi salah satu opsi dalam konteks 2024," kata Pengamat Politik dari Universitas Airlangga (Unair), Fahrul Muzaqqi pada Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (3/3).

Menurut Fahrul, saat ini kedatangan pimpinan Parpol ke Jawa Timur sedang dalam proses penjajakan. 

"Hal ini sebenarnya lumrah jika para kandidat sedang mendekat ke Parpol atau sebaliknya Parpol sedang pasang radar ke kandidat dalam hal ini Khofifah," urainya. 

Ditambahkannya, Khofifah masuk dalam radar Parpol dikarenakan dia sekarang menjadi kepala daerah di provinsi dengan jumlah kota/kabupaten terbesar se Indonesia  .

"Wajar Khofifah jadi magnet Parpol karena memimpin provinsi yang populasinya padat. Kekuatan Khofifah ada di situ. Dia dianggap sudah teruji dalam memperebutkan basis pemilihan," jelasnya. 

Fahrul juga menilai Khofifah menjadi ketua Muslimat NU  menjadi sumber daya potensial dan membuat posisinya sangat strategis.   

"Paling tidak dua hal itu yang menjadikan Khofifah sebagai magnet. Apalagi secara kapasitas dia sangat matang di politik dan pemerintahan, baik sebagai pejabat formal mulai dari anggota dewan, menteri hingga kepala daerah. Karena itu kans sangat besar," terangnya.