Hari Ini Jokowi Satukan Tanah dan Tanam Pohon di Titik Nol IKN Nusantara

Titik Nol IKN Nusantara/Net
Titik Nol IKN Nusantara/Net

Tanah dan air yang dibawa oleh gubernur se-Indonesia ke Ibukota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bakal disatukan Presiden Joko Widodo pada hari ini, Senin (14/3).


"Nanti di sana para gubernur akan menyerahkan kepada Bapak Presiden, dan Bapak Presiden akan menuangkan ke gentong yang sudah kami siapkan, menjadi satu dari 34 provinsi," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dalam keterangan yang dilansir laman Sekretariat Kabinet, Senin (14/3).

Budi menegaskan, prosesi penyatuan tanah tersebut adalah sebuah prosesi berdoa untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar megaproyek Jokowi tersebut bisa lancar dan mendapat dukungan dari masyarakat luas.

Selepas acara tersebut, presiden dan para gubernur dijadwalkan untuk melakukan penanaman pohon bersama di lokasi yang tak jauh dari tugu Titik Nol IKN Nusantara. Dalam kesempatan tersebut, setiap gubernur akan menanam pohon khas daerahnya masing-masing.

Pada malam harinya, Jokowi direncanakan berkemah di lokasi IKN untuk kemudian melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan kali ini Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Juga ada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.


ikuti update rmoljatim di google news