PDIP Jember Buka Pendaftaran Bacabup-Bacawabup 2024, Catat Tanggalnya!

PDI Perjuangan Kabupaten Jember konferensi pers pembukaan pendaftaran bakan calon bupati-calon wakil bupati 2024/RMOLJatim
PDI Perjuangan Kabupaten Jember konferensi pers pembukaan pendaftaran bakan calon bupati-calon wakil bupati 2024/RMOLJatim

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jember akan membuka pendaftaran bakal calon bupati dan calon wakil bupati (Bacabup-Bacawabup) untuk Pilkada 2024. Pendaftaran dibuka mulai Senin, 22 April 2024, awal pekan depan.


Bukan hanya pengurus dan kader PDIP. Masyarakat umum juga boleh mendaftar. Batas akhir pendaftaran ditutup pada 16 Mei 2024.

"Terbuka untuk umum," kata Ketua Tim Penjaringan Bacabup-Bacawabup Jember 2024, Edy Cahyo Purnomo, saat konfrensi pers di Kantor PDI Perjuangan di Jalan Supriyadi 54 Baratan Patrang, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (20/4).

"Bisa mengambil formulir pendaftaran mulai Senin 22 April pukul 10.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB di Kantor PDI Perjuangan Jember," kata legislator PDIP akrab yang dipanggil Cak Ipung ini.

Dia menjelaskan pengambilan formulir bisa diambil sendiri oleh bakal calon atau diwakilkan. Namun, jika diwakilkan harus melampirkan surat surat kuasa dari bakal calon. 

"Namun pada saat pengembalian harus dilakukan oleh bakal calon sendiri. Berkas bisa dikembalikan pada tanggal 7-16 Mei 2024 di Kantor PDI Perjuangan Jember," tegasnya.

Semua bakal calon, kata Edy, wajib mengisi semua formulir yang telah disediakan tim, mulai dari visi dan misi, hingga rekam jejak kiprah bakal calon di masyarakat.

Semua berkas bakal calon tersebut selanjutnya akan diverifikasi dan divalidasi, sebelum kemudian diserahkan ke DPD dan DPP untuk disaring serta dilakukan fit and proper test.

Edy menambahkan, pelaksanaan pendaftaran dan penjaringan ini berdasarkan instruksi DPP PDI Perjuangan tertanggal 28 Maret 2024 lalu.

Instruksi tersebut ditindaklanjuti DPC PDIP Jember dengan menggelar rapat pembentukan Tim Penjaringan Bakal Calon. Hasilnya, rapat bersepakat menunjuk Edy Cahyo Purnomo sebagai ketua tim.

Tim ini bertugas menangani pendaftaran, pengembalian berkas serta verifikasi dokumen bakal calon yang mendaftar.