Spesialis Curi Kotak Amal, Nyaris Babak Belur 

Pelaku berinisial SS diamankan di mapolsek
Pelaku berinisial SS diamankan di mapolsek

SS pria berumur 31 tahun nyaris menjadi bulan-bulanan warga Desa Sidorejo, Kecamatan Geneng, Ngawi, setelah berusaha mencuri  kotak amal Mushola Al Ikhlas di Dusun Kedungglagah.


Beruntung pria dengan gaya rambut di cat pirang ini berhasil diselamatkan warga lain setelah dikepung warga setempat. 

Kapolsek Geneng AKP Farid Suharta membenarkan kejadian di wilayah hukumnya tersebut. 

"Pelaku yang diamankan warga ini terkait dengan pencurian kotak amal di mushola. Modus operandinya ini tersangka memakai baju muslim pura-pura masuk mushola. Ketika ada kesempatan tersangka ini baru melakukan aksinya," terang AKP Farid Suharta,  Selasa, (19/4).

Terungkapnya aksi pencurian itu, beber Farid, setelah warga sekitar melihat ada sepeda motor jenis Honda Supra Fit berada di depan mushola. 

Ketika ditanya oleh saksi mata, si pelaku SS mengaku hendak memperbaiki kotak amal. Kontan saja warga langsung melakukan penangkapan dengan membawa sejumlah barang bukti.

"Si pelaku ini memang belum sempat mengambil uang di dalam kotak amal itu. Dengan demikian akan kita terapkan pasal percobaan pencurian yakni Pasal 364 junto Pasal 53 KUHP," jelasnya. 

Namun di sisi lain, SS juga sempat mengaku melakukan pencurian serupa di beberapa daerah seperti Mojokerto, Sidoarjo dan Solo. Bahkan dari barang bukti yang diamankan berupa beberapa identitas KTP dan dompet bisa diduga SS juga melakukan aksi pencopetan.