Puncak Harjakapro 276, Pemkab Probolinggo Tumpengan

Peringati hari jadi Kabupaten Probolinggo/Ist
Peringati hari jadi Kabupaten Probolinggo/Ist

Sebagai puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-276, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar resepsi di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.


Resepsi Harjakapro ke-276 ini dihadiri oleh Plh Bupati Probolinggo yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo dan segenap pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo dengan menggunakan busana adat daerah serta tokoh agama di Kabupaten Probolinggo.

Peringatan Harjakapro ke-276 ini mengambil tema “Mempercepat Pemulihan Pertahanan Ekonomi, Perlindungan Sosial, Kesehatan, Pendidikan dan Infrastruktur Dasar”. Kegiatan ini diawali dengan pemberian santunan kepada perwakilan anak yatim di Kabupaten Probolinggo oleh Plh Bupati Probolinggo H. Soeparwiyono dan jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan penghargaan dari KONI Kabupaten Probolinggo kepada atlet-atlet Kabupaten Probolinggo yang berhasil menyumbang medali pada PON Papua tahun 2021.

Yakni, Sri Fatmawati peraih medali emas beregu dan peraih medali perunggu individu cabor bulutangkis, Dihemas Bayu Putra peraih medali perak cabor anggar, Siti Aisyah peraih medali perunggu beregu cabor taekwondo, Mohammad Ervan peraih medali perunggu beregu cabor catur dan pemberian penghargaan pada M. Agus Kurniawan peraih medali perunggu beregu cabor Catur.

Selain itu juga diserahkan penghargaan minigold kepada 7 (tujuh) orang yang merupakan hasil pengundian, bagi wajib pajak alokasi Samsat Kraksaan yang patuh membayar pajak kendaraan bermotor secara diundi. Plh Bupati Probolinggo juga menerima sertifikat aset Pemerintah Daerah dari Kantor BPN Kabupaten Probolinggo.

Plh Bupati Probolinggo H. Soeparwiyono menjelaskan pelaksanaan peringatan Harjakapro ke-276 yang jatuh tepat pada bulan suci Ramadhan ini menjadi suatu keberkahan. Sehingga nantinya dapat dimampukan oleh Allah SWT dalam memberikan kontribusi pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo.

“Mari kita bersama-sama meningkatkan kebersamaan dan kekompakan semata-mata untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Probolinggo. Bagi seluruh perangkat daerah untuk ditingkatkan komunikasi, koordinasi dan sinergitas dengan stakeholder dalam menjalankan program kegiatan kita sesuai dengan aturan perundang-undangan yang ada,” katanya.

Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto menambahkan kegiatan peringatan Harjakapro ke-276 ini sangat penting untuk dilakukan. Dimana tujuannya adalah untuk mengenang adanya peristiwa-peristiwa bersejarah Kabupaten Probolinggo. “Semua ini patut kita banggakan terhadap sebuah momentum ini untuk menjadikan pemerintahan Kabupaten Probolinggo menjadi lebih baik,” ujarnya.

Resepsi Harjakapro ke-276 ini diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Plh Bupati Probolinggo H. Soeparwiyono didampingi jajaran Forkopimda. Hasil potongan tumpeng tersebut diserahkan kepada tokoh agama di Kabupaten Probolinggo dan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo David P. Duarsa.[adv]