Nelayan Ditemukan Mengapung di Perairan Laut Utara Tuban

Tim SAR Gabungan saat proses mengevakuasi mayat terapung di perairan laut utara Tuban/RMOLJatim
Tim SAR Gabungan saat proses mengevakuasi mayat terapung di perairan laut utara Tuban/RMOLJatim

Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi sosok mayat berjenis kelamin laki-laki dalam keadaan meninggal dunia.


Korban ditemukan mengapung di perairan laut utara Kabupaten Tuban, Desa Remen, Kecamatan Jenu, tepatnya di kawasan dermaga Pelabuhan PT. Trans Pasifik Petrohemical Indotama (TPPI) Latitude: -6,7546 S - Longitude: 111,9322E 

Mayat tersebut diduga adalah jasad Matakim satu dari tiga nelayan asal Lamongan yang kapal motornya dikabarkan terbalik dihantam ombak saat tengah mencari ikan di tengah laut pada Senin (23/5) lalu.

Kedua rekan korban masing-masing bernama Syaiful Arif selaku nahkoda kapal dan ABK Khidfirul Aziz berhasil diselamatkan oleh nelayan Brondong dan Blimbing setelah keduanya terombang-ambing di tengah laut. Sedangkan korban saat itu dinyatakan hilang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Sudarmaji mengatakan, sekitar pukul 07.00 WIB, Tim Mako BDBD Tuban menerima laporan dari kepala Keamanan PT TPPI bahwa ada sesosok mayat mengapung di wilayah perairan laut Tuban. 

"Kami menerima laporan dari Tim Keamanan PT TPPI dan langsung melakukan assesment sekaligus pencarian korban dibantu Bazarnas Surabaya, Polairud, serta petugas dari PT TPPI," ujar Sudarmaji dalam keterangannya yang diterima Kantor Berita RMOL Jatim, Kamis (26/5).

Adapun identitas jenazah diketahui bernama Matakim (50), warga Desa Sentol, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Dugaan sementara, mayat tersebut merupakan korban tragedi laka kapal di wilayah perairan Lamongan.

"Kami dari Tim SAR gabungan dibantu kapal Tugboat PT TPPI berhasil menemukan dan mengevakuasi korban," jelas mantan Kepala PRKP Tuban ini. 

Kapolsek Jenu, AKP Gunawan Wibisono menjelaskan, korban diduga terbawa arus ombak saat mencari ikan di laut. Kemudian jenazahnya ditemukan di perairan laut dekat dermaga pelabuhan PT TPPI. 

"Saat ini jenazah korban sudah dibawa ke RSUD dr Koesma Tuban guna pemeriksaan lebih lanjut," pungkasnya.