Meriahkan Bulan Bung Karno Juni 2022, Pemkot Mojokerto Gelar Lomba Pidato Mirip Bung Karno

Lomba pidato mirip Bung Karno di SDN Purwotengah atau dulu dengan sebutan Sekolah Ongko Loro dan SMPN 2 Kota Mojokerto/Ist
Lomba pidato mirip Bung Karno di SDN Purwotengah atau dulu dengan sebutan Sekolah Ongko Loro dan SMPN 2 Kota Mojokerto/Ist

Guna mengenang jasa para pahlawan Indonesia, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto pada bulan Juni 2022 menjadikan sebagai bulan Bung Karno. 


Dalam memeriahkan bulan Bung Karno, berbagai pagelaran akan diadakan Pemkot Mojokerto selama dua hari yakni tanggal 1 hingga 2 Juni 2022 untuk mengenang Sang Proklamator kemerdekaan RI yang pernah mengeyam pendidikan di SDN Purwotengah atau dulu dengan sebutan Sekolah Ongko Loro dan SMPN 2 Kota Mojokerto. 

Berbagai lomba, pameran dan pagelaran seni selama dua hari, telah diagendakan Pemkot Mojokerto diantaranya lomba pidato mirip Bung Karno.

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari yang akrab disapa Ning Ita dalam suatu kesempatan mengatakan, “Soekarno kecil dulunya pernah sekolah di SDN Purwotengah atau sekolah ongko loro Kota dan Soekarno kecil juga mengenyam pendidikandi SMPN 2 Kota Mojokerto selama empat tahun di sekolah ini”.

Dalam mengenang keberadaan Soekarno kecil waktu sekolah di Mojokerto, Pemkot Mojokerto mulai Rabu 1 Juni 2022 dan Kamis 2 Juni 2022, bertempat di SDN Purwotengah Pemkot Mojokerto menggelar lomba Pameran lukisan dan Heritage, menampilkan permainan jadul anak SD, Finalis lomba bercerita, lomba foto dan lomba berpidato mirip Soekarno.

Selanjutnya digelar juga sarasehan dengan tema "mengenal lebih dekat jejak Soekarno”. 

Selanjutnya acara juga digelar pada Kamis, 2 Juni 2022, berlokasi di SMPN 2 Kota Mojokerto juga akan dilaksanakan kegiatan pameran sajian Wayang Beber, permainan jadul dan Pagelaran Ludruk yang digelar hingga jam 22.00 Wib.

Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno menempuh pendidikan setingkat sekolah dasar di Kota Mojokerto. Berbagai literatur menyebutkan, masa kecil Sukarno dihabiskan di beberapa daerah di Jawa Timur. 

Di Kota Mojokerto, Bung Karno semasa kecil belajar di sekolah "Ongko Loro". Sekolah tingkat dasar itu juga disebut Inlandsche School yang diperuntukkan untuk warga pribumi. Proklamator kemerdekaan Indonesia itu diperkirakan bersekolah di Mojokerto pada rentang 1909-1912.