Kunjungi Jatim, Wapres Ma’ruf Amin Ziarah Makam Pendiri NU di Jombang

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin saat ziarah di makam KH Wahab Chasbullah/net
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin saat ziarah di makam KH Wahab Chasbullah/net

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin bertolak ke Jawa Timur melakukan serangkaian kunjungan kerja. Yakni untuk meninjau Huntap dan Huntara di Kabupaten Lumajang, hingga napak tilas ke pondok pesantren di Jombang, Kamis (2/6).


Kunjungan kerja Ma'ruf Amin bersama rombongan menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boing 737-400 TNI AU. Ma'ruf Amin bersama istri Hj Wury Ma’ruf Amin tinggal landas menuju Jatim.

Setibanya di Surabaya, Ma'ruf Amin menggunakan Heli menuju Lumajang untuk mengecek langsung progress pembangunan hunian tetap (huntap) dan hunian sementara (huntara) bagi korban erupsi Gunung Semeru.

Sebagaimana diketahui, Wapres sebelumnya telah melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan huntap dan huntara di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Jumat (14/1) lalu.

Pada kesempatan itu, Ma'ruf Amin menuturkan, kementerian/lembaga terkait penanganan bencana terus bersinergi untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal masyarakat pengungsi, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan pokok dan relokasi tempat tinggal.

Di area huntap/huntara ini, Ma'ruf Amin mendengarkan pemaparan singkat yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ke huntap/huntara dan berdialog dengan warga setempat serta menyerahkan bantuan kepada warga penghuni huntap/huntara, Keluarga Penerima Manfaat dan lansia produktif di daerah tersebut.

Setelah melakukan serangkaian kegiatan peninjauan dan penyerahan bantuan di huntap/huntara selama kurang lebih satu jam, Ma'ruf Amin kembali ke Surabaya untuk memberikan bansos kepada masyarakat di Gedung Balai Pemuda Sisi Barat Alun-alun Kota Surabaya.

Keesokan harinya, Ma'ruf Amin diagendakan ke Ponpes Darul Ulum, Rejoso, Peterongan dengan berkendara mobil. Tiba di Ponpes Darul Ulum, Ma'ruf Amin beserta Hj Wury Ma'ruf Amin disambut oleh Pimpinan Ponpes dan ditempat ini Ma'ruf Amin menyaksikan penyerahan bantuan secara simbolis kepada Santripreneur oleh Ketua Baznas.

Pada kesempatan ini Ma'ruf Amin juga menyempatkan diri untuk berziarah ke makam KH Romly Tamim. Setelah melakukan ziarah, selanjutnya Wapres melakukan kunjungan ke Ponpes Amanatul Ummah, Jl Raya Tirtowening, Paras-Kembangbelor-Pacet, Mojokerto.

Selanjutnya Wapres menuju Institute KH Abdul Chalim, Jl Raya Tirtowening, Paras, Kembangbelor, Pacet, Mojokerto. Pada kesempatan ini, Ma'ruf Amin mengikuti acara sarasehan bersama Pimpinan Pusat dan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) dan Alim Ulama.

Kemudian dihari berikutnya Sabtu, (04/06) Wapres melanjutkan napak tilas ke Ponpes Tebuireng, untuk Halal bihalal dan Temu Alumni Nasional Pesantren Tebuireng hingga Pemberian Bantuan kepada Santripreneur. Di tempat ini tak lupa Wapres juga ziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari, Wahid Hasyim, dan KH Abdurahman Wahid (Gus Dur).

Sebelum kembali ke Jakarta, Ma’ruf Amin juga mengunjungi Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas dan Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar.

Dalam agenda itu diketahui untuk meresmikan Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah (UNWAHA). Menutup rangkaian kunjungan kerjanya, Ma’ruf Amin akan singgah ke makam Pahlawan Nasional KH Wahab Chasbullah untuk berziarah.