Institut Agama Islam Ibrahimy Resmi Menerima SK Pascasarjana dari Menteri Agama RI

Foto bersama usai penyerahan SK Pascasarjana Prodi PAI dari Diktis Prof dr Suyitno kepada Rektor IAI Ibrahimy Dr Kholilur Rahman, didampingi jajaran wakil rektor dan pengurus yayasan di halaman Gedung Rektorat/Humas Ibrahimy
Foto bersama usai penyerahan SK Pascasarjana Prodi PAI dari Diktis Prof dr Suyitno kepada Rektor IAI Ibrahimy Dr Kholilur Rahman, didampingi jajaran wakil rektor dan pengurus yayasan di halaman Gedung Rektorat/Humas Ibrahimy

Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng, Banyuwangi secara resmi telah menerima surat keputusan atau SK Pascasarjana untuk program studi Pendidikan Agama Islam dari Menteri Agama RI.


SK tersebut diserahkan oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Prof dr Suyitno M.Ag kepada Rektor IAI Ibrahimy, Dr Kholilur Rahman, M.Pd.I di kampus yang berada di wilayah Kecamatan Genteng tersebut, Sabtu (11/06).

 Keputusan dari Menteri Agama RI nomor 530 tahun 2022 tentang izin penyelenggaraan Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk program magister itu, tertanggal 27 Mei 2022 yang ditandatangani oleh direktur Pendidikan Islam, Prof Dr Muhammad Ali Ramdani, S.TP. M.T.

 Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Prof dr Suyitno menekankan, turunnya SK tersebut harus dimaknai sebagai upaya peningkatan pelayanan Diktis dan IAI Ibrahimy terhadap para stakeholder yang ada. Turunnya SK tersebut juga harus diiringi dengan peningkatan kualitas manajemen lembaga dan sumber daya manusia (SDM).

 “Untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas perguruan tinggi di era society 5.0 ini perlu membangun inovasi, kreatifitas, dan kolaborasi dengan berbagai pihak,” ujar Suyitno, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (12/6).

 Sementara itu, Rektor IAI Ibrahimy, Kholilur Rahman menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Diktis dan BAN-PT yang telah memenuhi pengajuan program pascasarjana.

 “Dengan turunnya SK ini kami berharap bimbingan baik kepada yayasan yang menaungi IAI Ibrahimy, Diktis dan BAN-PT agar dapat menjalankan amanah ini dengan baik,” ujar Gus Lilur-sapaan akrabnya.

 Untuk diketahui, di kampus Ibrahimy saat ini ada 4 fakultas, antara lain Fakultas Tarbiyah dengan Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

 Kedua, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan Prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah. Ketiga, Fakultas Syariah dengan Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI), dan terakhir Fakultas Dakwah dengan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI).

 Adapun, Prodi tambahan yang kini dalam proses asesmen oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yakni: Tadris Matematika, Tadris Bahasa Inggris, dan Manajemen Pendidikan Islam.

 “Saat ini jumlah mahasiswa di IAI Ibrahimy terdapat 2.220 dan telah memiliki lebih dari 7 ribuan alumni,” tegas Gus Lilur.

 Dalam penyerahan SK tersebut turut hadir membersamai Prof dr Suyitno M.Ag, di antaranya Ketua Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial (YASMY) Ibrahimy, KH Muwafiq Amir BA serta jajaran Wakil Rektor di halaman gedung rektorat.