HUT Ngawi ke-664, Bappeda Berharap Jadi Momentum Kebangkitan Ekonomi

Indah Kusumawardhani Kepala Bappeda Ngawi
Indah Kusumawardhani Kepala Bappeda Ngawi

Indah Kusumawardhani, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ngawi berharap saat ini sektor perekonomian di daerahnya segera pulih usai pandemi.


Momentum HUT Kabupaten Ngawi yang jatuh pada 7 Juli 2022 mendatang, bisa menjadi refleksi semua pihak.

"Kita berharap dengan HUT Kabupaten Ngawi memasuki tahun ke 664 kali ini kita semuanya keluar dari dampak yang ditimbulkan Covid-19 seperti ekonomi yang kurang baik. Ke depan tentu berharap pembangunan Kabupaten Ngawi sesuai yang kita harapkan," terang Danik sapaan akrabnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin, (4/7).

Seperti pengalaman tahun 2021 lalu,   melakukan refocusing APBD untuk menangani pandemi Covid-19 sebesar 57 persen. Ketentuan refocusing tersebut tertuang dalam surat edaran (SE) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nomor SE2/PK/2021. Namun pada prinsipnya refokusing tidak berdampak pada penurunan pembangunan infrastruktur saat itu.

"Perlu diketahui ya refokcusing tidak berdampak pada penurunan pembangunan infrastruktur. Karena pembangunan infrastruktur merupakan belanja mandatory spending atau pengeluaran negara besarannya sudah diatur oleh undang-undang," jelasnya.

Menurut Danik, saat ini pihaknya terus inten terhadap rencana pembangunan daerah yang sistematis dan terpadu. Mengingat rencana tersebut sangat erat kaitannya dengan dokumen RPJMD Kabupaten Ngawi tahun 2021-2026. 

Dengan prinsip yang tertuang itu, pihaknya menilai peningkatan perekonomian daerah harus didasari penguatan sektor agrobisnis dan agrowisata di dukung oleh kualitas SDM.