UMKM Corner di Pasar Kasin Diresmikan, Wawali Kota Malang Berharap UMKM Bisa Tumbuh Kuat

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko saat meresmikan UMKM Corner di Pasar Kasin/ist
Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko saat meresmikan UMKM Corner di Pasar Kasin/ist

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Corner di Pasar Kasin diresmikan oleh Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko. Rabu (6/7).


Dengan adanya UMKM Corner tersebut, diharapkan para UMKM bisa tumbuh dan menjadi penguat ekonomi di Kota Malang. 

"Ini merupakan bentuk konkrit dari Pemerintah Kota Malang, dimana dengan melakukan hal yang sederhana, tapi berdampak besar. Diantaranya memberikan ruang fasilitas pemerintah untuk membantu. Dan, hal ini merupakan upaya dukungan terhadap UMKM di Kota Malang," ujar Sofyan Edi Jarwoko yang akrab disapa Bung Edi. 

Bung Edi juga menjelaskan, bahwa UMKM Corner ini adalah tempat yang dikhususkan untuk memamerkan dan memasarkan produk-produk UMKM lokal binaan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang.

"Jadi dalam hal ini, Diskopindag tidak hanya membantu produksi dan legalitas, tetapi memberikan ruang untuk memasarkan produk-produk UMKM," tandasnya. 

Selain itu, Bung Edi juga menyampaikan, bahwa dukungan pemerintah terhadap pemasaran produk UMKM secara online akan tetap terus berjalan. Namun, customer perlu melihat langsung kualitas produk-produk yang dipasarkan.

"Apabila masyarakat secara langsung ke outlet-outlet UMKM Corner yang ada di pasar-pasar. Maka akan tahu, kalau produk-produk UMKM lokal ternyata sudah memiliki kualitas ekspor,” tuturnya. 

Bahkan, ia menyebut bahwa UMKM Corner di Pasar Kasin ini menjadi UMKM Corner pertama yang didirikan di Kota Malang. 

"Untuk itu, harapan kami, ruang yang sama juga akan dikembangkan di pasar-pasar lain yang ada di Kota Malang. Pasalnya ini hal yang bagus dan bermanfaat. Tetapi tentu kita juga harus melihat traffic jual beli di pasar itu sendiri, jika bagus pasti kita dirikan," paparnya. 

Di tempat yang sama, Koordinator UMKM Corner Pasar Kasin, Retno Wijayanti mengatakan, rencananya UMKM Corner di Pasar Kasin akan memasarkan produk-produk UMKM lokal dalam beberapa tahap.

"Di tahap awal ini, UMKM Corner akan fokus pada proses pemasaran produk-produk makanan tahan lama. Tentu semua produk rencananya akan dipasarkan, namun melihat kondisi yang ada, sehingga nantinya secara bertahap. Kalau produknya ada makanan siap saji, produk kriya dan lainnya," terangnya. 

Ia juga berharap, bahwa dengan hadirnya UMKM corner tersebut mengembalikan marwah pasar tradisional sebagai penggerak perekonomian Kota Malang. 

"Harapan kami, hal ini bisa diterapkan di seluruh pasar-pasar yang ada di Kota Malang. Sehingga bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk kembali berbelanja ke pasar tradisional," pungkasnya.[adv]