Bupati Tuban Minta Masyarakat Maknai Idul Adha dengan Pererat Kebersamaan

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky saat menerima bantuan hewan kurban secara simbolis/RMOLJatim
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky saat menerima bantuan hewan kurban secara simbolis/RMOLJatim

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky berpesan kepada masyarakat Kabupaten Tuban untuk Bersama-sama memaknai Idul Adha 1443 Hijriah dengan mempererat kebersamaan dan gotong royong.


Hal tersebut disampaikan Mas Lindra –sapaan karib bupati Tuban usai menerima bantuan sapi dari beberapa perusahaan di Kabupaten Tuban, di depan rumah dinas Bupati komplek Pendapa Kridha Manunggal Tuban, Jumat (8/7).

Mas Lindra menyampaikan, meskipun terdapat perbedaan hari dalam merayakan Idul Adha di tahun ini, tetapi tidak mengurangi makna kebersamaan dan gotong royong dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha. 

“Perbedaan hal yang biasa, tetapi kembali lagi, ada kebersamaan dan gotong royong dalam Idul Adha. Seperti dalam proses penyembelihan hewan kurban, semua saling bekerjasama dari mulai pemotongan hewan kurban hingga distribusi ke masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya dikutip Kantor Berita RMOLjatim.

Seperti diketahui, untuk warga Muhammadiyah akan menjalankan sholat Idul Adha Sabtu, 9 Juli 2022, sedangkan untuk pemerintah akan melaksanakan sholat Idul Adha di hari Minggu, 10 Juli 2022.

Menanggapi hal tersebut, Mas Bupati menyampaikan, Pemkab Tuban telah mengatur sedemikian rupa agar keduanya bisa berjalan tanpa hambatan. Untuk warga Muhammadiyah pelaksanaan sholat Idul Adha dipusatkan di GOR dan Lapangan Kebonsari. 

Sedangkan yang sesuai dengan pemerintah, dipusatkan di Masjid Agung Tuban. “Semua sudah diatur, dan masyarakat bisa melaksanakan ibadah sholat Idul Adha dengan nyaman,” tegasnya.

Mas Lindra berharap, moment Idul Adha bisa menjadi refleksi diri untuk menjadi manusia yang lebih baik dan berguna. “Mari kita saling muhasabah, semoga bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Pada kesempatan ini Mas Bupati secara simbolis menerima bantuan hewan kurban dari beberapa perusahaan yang akan dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Tuban. 

Tahun ini total hewan kurban yang dibagikan oleh Pemkab Tuban berjumlah 25 sapi dan 11 kambing yang berasal dari OPD, perusahaan, dan masyarakat. Nantinya, hewan tersebut akan didistribusikan ke Kecamatan, Lapas Kelas IIb Tuban serta lembaga Keagamaan secara merata. 

Pendistribusian sudah dimulai hari Jumat dan akan diteruskan di hari Sabtu. "Untuk warga Muhammadiyah didistribusikan hari Jumat, dan yang lainnya didistribusikan hari Sabtu,” pungkas Mas Lindra.