Rayakan Iduladha 1443 H, PDAM Surya Sembada Kurban Belasan Sapi

PDAM Surya Sembada berkurban sapi/ist
PDAM Surya Sembada berkurban sapi/ist

Hari Raya Iduladha atau Idul kurban merupakan hari besar bagi umat Islam.


Diperingati setiap tahun tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah yang ditandai dengan Sholat Hari Raya dan menyembelih hewan kurban. 

Iduladha 1443 H tahun ini jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. 

“Dalam rangka peringatan Hari Raya Iduladha keluarga besar PDAM Surya Sembada Kota Surabaya mengucapkan selamat Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah kepada seluruh umat Islam. Mari kita jadikan Hari Raya Iduladha sebagai momentum membersihkan diri dengan berkurban," kata Direktur Utama PDAM Surya Sembada, Arief Wisnu dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (12/7).

“Tahun ini, PDAM Surya Sembada berkurban sapi dengan bekerjasama dengan RPH (Rumah Potong Hewan) Surabaya untuk penyediaan dan pemotongan hewan kurban sebagai bentuk sinergi BUMD,” lanjut Arief Wisnu. 

Sapi kurban tersebut diantaranya didistribusikan ke masjid-masjid yang berada di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya yaitu masjid Al Muhajirin Jl Jimerto, masjid di lingkungan kantor pusat PDAM yaitu masjid Al-Ittihaad Jl Gubeng Masjid, masjid di lingkungan IPAM Ngagel yaitu masjid Roudhotul Falah Jl Ngagel Rejo Kidul, serta masjid di lingkungan IPAM Karangpilang yaitu masjid Jami Baitussalam Jl Warugunung Karangpilang. 

Sapi kurban PDAM dipastikan bebas dari wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku). 

“Karena sapi PDAM seluruhnya dibeli dari RPH yang dicek kesehatan dulu dari daerah asal serta diperiksa lagi di RPH,” ucap Arief Wisnu. 

“Untuk mencegah penularan PMK, sapi-sapi PDAM kami masukkan tempat khusus. Steril, bersih, dan selalu diawasi oleh petugas serta untuk keluar masuk distribusi sapi ini kami periksa lagi kesehatannya dan kami berikan surat jalan resmi dari RPH sebagai bukti jika sapi ini sudah lolos pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan yang berwenang dari RPH serta layak untuk dijadikan hewan kurban,” pungkas Sindhuranu, dokter hewan RPH Surabaya.