Wujud Kepedulian Sosial, Kejari Tanjung Perak Gelar Donor Darah

Kajari Tanjung Perak, I Ketut Kasna Dedi, SH, MH dan Ketua IAD Tanjung Perak, Eka Kasna saat mendonorkan darahnya di Peringatan HBA ke 62 dan HUT IAD ke 22/Ist
Kajari Tanjung Perak, I Ketut Kasna Dedi, SH, MH dan Ketua IAD Tanjung Perak, Eka Kasna saat mendonorkan darahnya di Peringatan HBA ke 62 dan HUT IAD ke 22/Ist

Sebanyak 16 kantong darah terkumpul pada kegiatan donor darah yang digelar Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya, Selasa (19/7).


Kegiatan donor darah dalam rangka peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 62 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke-22 tersebut diikuti oleh seluruh pegawai Kejaksaan Negeri Tanjung Perak dan IAD Tanjung Perak.

"Dari 35 orang, 19 diantaranya tidak dapat mendonorkan darahnya karena gangguan kesehatan. Dan dari hasil kegiatan donor darah hari ini terkumpul 16 kantong darah," terang Kajari Tanjung Perak, I Ketut Kasna Dedi, SH, MH kepada wartawan.

Kegiatan donor darah ini, kata Kasna sapaan akrab Kajari Tanjung Perak, diharapkan dapat membantu sesama yang saat ini sedang membutuhkan darah. 

"Kesadaran untuk kegiatan kemanusiaan donor darah ini perlu terus ditumbuhkan, selain dapat membantu mereka yang sangat membutuhkan darah, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita," katanya.

Dari pantauan, pelaksanaan kegiatan donor darah ini digelar dengan protokol kesehatan yang cukup ketat. Para pendonor darah terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan oleh tim PMI Surabaya, mulai dari screening, pengukuran HB, pengukuran tekanan darah hingga tes golongan darah.

Setelah lolos dari pemeriksaan, masing- masing pendonor diambil darahnya sebanyak 350 ml.