150 Calon Anggota Banser Ikuti Diklatsar, Bupati Sanusi Tekankan Satu Komando

Bupati Malang HM Sanusi saat memberikan sambutan di kegiatan DIKLATSAR Banser/Ist
Bupati Malang HM Sanusi saat memberikan sambutan di kegiatan DIKLATSAR Banser/Ist

Sebanyak 150 calon anggota Banser mengikuti kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) XII dan DIKLATSAR XI. Kegiatan yang berlangsung di MI Mathlaul Huda di Desa Argosuko, Kecamatan Poncokusumo, Malang, Jumat (5/8) itu dibuka oleh Bupati Malang, H M Sanusi. 


Dalam sambutannya, Bupati Sanusi menyatakan bahwa calon anggota Banser memiliki tanggung jawab yang tidak ringan. Baik secara pribadi maupun untuk orang lain.

“Seorang pemimpin yang baik adalah mereka yang tidak hanya pandai berbicara. Namun juga bertindak dan melaksanakan ucapannya dengan sungguh-sungguh," kata Sanusi.

Dalam kegiatan itu, peserta DIKLATSAR akan mendapatkan materi seperti halnya orientasi pengkaderan, keorganisasian dan kepemimpinan, pengenalan aturan organisasi GP Ansor, ke-NU-an dan Ahlussunnah Waljamaah.

Selain itu, untuk meningkatkan rasa cinta Tanah Air, para peserta juga mendapatkan materi ke-Indonesiaan, wawasan kebangsaan serta administrasi umum.

Menurut Sanusi, Gerakan Pemuda Ansor sebagai badan otonom Nahdlatul Ulama merupakan salah satu penggerak utama dalam pembangunan, terutama di Kabupaten Malang.

"Pesan saya, agar Gerakan Pemuda Ansor dapat terus berbenah baik dari aspek manajemen keorganisasian maupun kualitas keanggotaan. Kalau Ansor pada zaman kepengurusan saya dulu, yang sering hanya ketua dan sekretarisnya. Sehingga repot kalau ada kegiatan,” tandasnya.

“Nah, ke depan ini harus dirubah, harus diatur pola kepemimpinan dan manajemennya yang benar. Tidak hanya dalam kepengurusan Ansor, tapi Banser juga harus satu komando," imbuhnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Sanusi barharap agar Ansor maupun Banser dapat memberikan sumbangsih terhadap seluruh aspek kehidupan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Malang.

"Maka dari itu, ikutilah kegiatan ini dengan bersungguh-sungguh. Saya berharap agar Ansor juga dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Malang, dalam membangun masyarakat yang makmur dan sejahtera. Karena barang siapa yang berbuat baik, maka Allah akan selalu memberikan balasan yang baik pula. Allah SWT tidak akan pernah berbuat dzolim kepada hambanya," jelasnya. 

Selain bupati Sanusi, tampak hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Suwadji, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Eko Margianto, Kepala Dinas Perhubungan Bambang Istiawan, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Nazaruddin Hasan T Selian, Plt Kepala Satuan Pamong Praja sekaligus Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Malang, Firmando Hasiholan Matondang, dan Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten Malang Achmad Sovie Nuralam.