Bersama Petani Probolinggo, Petrosida Gresik Panen Raya Jagung

Suasana perayaan Panen Raya Jagung di Kabupaten Probolinggo. /Ist
Suasana perayaan Panen Raya Jagung di Kabupaten Probolinggo. /Ist

Direktur Operasional PT Petrosida Gresik, Achmad Zaid dan Sholeh melakukan panen raya jagung milik petani di Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.


Panen raya jagung di Kabupaten Probolinggo ini dilakukan, sebagai memperingati hari ulang tahun PT Petrosida Gresik ke-38 dan Gebyar Kemerdekaan RI ke-77.

Direktur Operasional PT Petrosida Gresik, Achmad Zaid mengatakan, keberhasilan panen jagung kali ini tidak lepas dari semangat para petani yang didukung oleh pemerintah desa maupun Kabupaten Probolinggo.

“Kami berharap panen raya jagung ini memberikan manfaat bagi para petani. Apalagi kegiatan panen raya ini dalam rangka HUT Petrosida Gresik yang ke 38 serta HUT Republik Indonesia ke 77," kata Direktur Operasional PT Petrosida Gresik, Achmad Zaid, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Menurutnya, sebelum dilakukan panen raya jagung ini, para petani mendapatkan pendampingan serta edukasi agar hasil panen melimpah sesuai dengan harapan para petani.

"Kalau sudah melimpah, maka Masyakarat akan makmur kalau sudah makmur, maka kita hidup sejahtera," tegasnya, yang juga dihadiri langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Probolinggo, Sumarmi Rasit.

Selain itu, dia juga berharap agar masyakarat dapat memanfaatkan edukasi atau pendampingan yang telah diberikan.

"Dengan tujuan, agar para petani bisa makmur serta sejahtera,"katanya yang dihadiri juga dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Probolinggo.

Apalagi masih katanya, rencananya akan dilakukan percontohan dimasing-masing kecamatan dalam hal pengelolaan lahan pertanian ini.

"Nantinya akan ada kecamatan percontohan dengan tujuan untuk pengelolaan lahan pertanian yang benar serta diharapkan hasil produksinya meningkat,"paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana, Penyuluhan dan Pengendalian Pertanian Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Probolinggo Bambang Suprayitno mengatakan terimakasih pada PT Petrosida Gresik.

"Saya mengucapkan banyak berterimakasih pada PT Petrosida Gresik yang telah banyak membantu pada petani dan kelompok tani di Kabupaten Probolinggo,"katanya.

Bambang juga berharap, adanya PT Petrosida Gresik ini bisa membantu atau meringankan beban petani di Kabupaten Probolinggo pada umumnya.

 "Semoga PT Petrosida Gresik selalu siap untuk membantu kesulitan para petani-petani yang ada di Kabupaten Probolinggo ini," harap dia.

Didepan anggota DPRD Kabupaten Probolinggo ini, Bambang berharap agar jatah Pupuk di Kabupaten Probolinggo bisa di Perjuangkan oleh Sumarmi Rasit.

"Karena disini juga ada Ibu dewan, saya minta tolong pada Hj Sumarmi Rasit, agar jatah pupuk bisa diperjuangkan lewat dewan pusat untuk diperjuangkan agar jatah pupuk bisa dinaikan kuntumnya,"harap dia.

Kepala Desa (Kades) Sumberanyar, Andika mengatakan, kalau para petani di desanya sudah banyak memakai pupuk dan pestisida produksi dari PT Petrosida Gresik.

“Alhamdulillah, petani puas karena hasil panen jagungnya bertambah meningkat, setelah memakai bahan pupuk dan pestisida produk PT Petrosida Gresik,” jelas Andika.

Dalam kesempatan itu, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Probolinggo, Sumarmi Rasit memberikan Santunan pada anak Yatim-piatu.

"Semoga barokah dan bermanfaat,"tegas Politisi Partai Nasdem asal Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo ini.

Pada saat puncak akhir acara dilakukan pengundian nomor untuk merebutkan hadiah utama berupa kendaraan bermotor.

Dalam acara itu, dihadiri sekitar 2500 orang serta mendapatkan buku petunjuk tentang pola tanam pangan yang baik.