Kadisdikbud Kota Malang Berikan Apresiasi Terhadap Puluhan SP yang Lolos Sebagai Pelaksana Program Sekolah Penggerak

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang (Kadisdikbud), Suwarjana, SE., MM./ist
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang (Kadisdikbud), Suwarjana, SE., MM./ist

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang (Kadisdikbud), Suwarjana, SE., MM. memberikan apresiasi terhadap puluhan Satuan Pendidikan (SP) pada jenjang TK, SD dan SMP di Kota Malang yang dinyatakan lolos sebagai Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan III (Tiga).


"Selamat kepada puluhan Satuan Pendidikan yang telah ditetapkan menjadi Pelaksana Program Sekolah Penggerak oleh Kemdikbudristek," ujar Suwarjana, Selasa (30/08) di Kota Malang.

Masih kata Suwarjana, bahwa program tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik.

"Kami mengucapkan, terima kasih sudah melalui itu semua. Raihan ini bukan hanya merupakan kerja satu dua orang semata, namun ini merupakan hasil nyata bekerja bersama di masing-masing satuan pendidikan. Dan, penetapan ini tentunya terlebih dahulu melalui berbagai tahapan proses seleksi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh penyelenggara," tuturnya.

Lebih jauh, Suwarjana menjelaskan, mengenai penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan III Tertanggal 8 Agustus 2022 lalu, tertuang dalam Surat Keputusan Dirjen PAUD, Pendas dan Dikmen Kemdikbudristek Nomor : 7883/C/HK.03.01/2022.

"Dalam Surat Keputusan Penetapan SP Pelaksana PSP yang ditandatangani oleh Plt. Direktur Jenderal PAUD, Pendas dan Dikmen Iwan Syahril mencantumkan 47 Satuan Pendidikan Jenjang TK, SD dan SMP di Kota Malang yang dinyatakan lolos setelah melalui berbagai tahapan seleksi," paparnya.

Perlu diketahui, dari 47 Satuan Pendidikan dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud) Kota Malang tersebut, terbagi atas 10 satuan pendidikan jenjang Taman Kanak – Kanak (TK), yaitu TK Negeri Pembina 2, TK Al Ghonia, TK DWP 01 Dinoyo, TK Islam Al Ghoniu, TK Islam Plus Qurrota Ayun, TKIT Insan Permata, TK Katolik Santa Maria 3, TK Muslimat NU 19, TK My Little Island dan TK TPI Nurul Huda.

Berikutnya, pada jenjang SD ada 26 sekolah, diantaranya adalah SDN Arjowilangun 2, SDN Bakalankrajan 2, SDN Bandulan 3, SDN Blimbing 3, SDN Blimbing 4, SDN Dinoyo 1, SDN Jatimulyo 1, SDN Jatimulyo 3, SDN Kebonsari 1, SDN Klojen, SDN Lesanpuro 3, SDN Merjosari 3, SDN Model Malang, SDN Polehan 5, SDN Purwantoro 1, SDN Purwantoro 5, SDN Purwantoro 7, SDN Purwodadi 1, SDN Tlogomas 2, SDN Tulusrejo 1, SDN Tunggulwulung 1, SD Insan Amanah, SD Katolik Santa Maria 1 dan SD Muhammadiyah 4.

Sedangkan untuk jenjang SMP ada 11 sekolah diantaranya adalah SMP Negeri 1 Malang, SMP Negeri 7 Malang, SMP Negeri 12 Malang, SMP Negeri 16 Malang, SMP Negeri 17 Malang, SMP Negeri 24 Malang, SMP Negeri 25 Malang, SMP 02 YPK Jatim Malang, SMP Islam Sabilurrosyad Malang, SMP Islam Terpadu Insan Permata dan SMP Katolik Frateran Celaket 21 Malang.