Dua Rumah Warga Terbakar, Bupati Bondowoso Langsung Datang Serahkan Bantuan

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat memberikan bantuan kepada korban kebakaran/RMOLJatim
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat memberikan bantuan kepada korban kebakaran/RMOLJatim

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin mendatangi lokasi rumah terbakar di Desa Gunung Anyar, Kecamatan Tapen, Kamis (1/9/) sore. Dia datang untuk salurkan bantuan sembako serta peralatan rumah tangga pada korban kebakaran rumah.


Bupati Salwa datang didampingi Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Bondowoso, Kadis BKSD, dan Bank Jatim.

Bupati Salwa berharap agar masyarakat selalu waspada dan tidak lengah terhadap segala bencana, baik kebakaran dan bencana lainnya.

"Terutama penggunaan listrik, harus hati-hati tidak boleh sambung kabel sembarangan," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Selain bantuan sembako, pihaknya juga akan membangun rumah tersebut dengan program rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Dinas Perkim.

Dua rumah milik Mahar Saeni, 60, warga Desa Gunung Anyar Kecamatan Tapen, terbakar pada Rabu (31/8) kemarin. Diduga api berasal dari tungku. Akibatnya dua rumah yang berdempetan itu ludes.

Untuk kerugian, ditaksir kurang lebih Rp 50 juta. Sedangkan armada yang dikerahkan 3 mobil damkar.

Sementara Kalaksa BPBD Bondowoso Dadan Kurniawan menjelaskan bahwa kebakaran merupakan kategori bencana alam, maka dari itu pihaknya juga membantu meringankan beban korban.

"Kita memberikan bantuan sembako untuk meringankan korban, karena ini kan bencana alam," tuturnya.

Dadan menghimbau agar masyarakat Bondowoso untuk selalu berhati-hati, karena sekarang musim kemarau, jangan lupa untuk mematikan kompor ketika keluar rumah.

"Ini musim kemarau, jadi masyarakat harus betul-betul memastikan bahwa didalam rumah itu aman, seperti kompor serta putung rokok, sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan" tambahnya.

Untuk menanggulangi kejadian-kejadian hal serupa, pihaknya akan melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran kepada masyarakat.

"Terutama tentang kebakaran rumah, lahan dan hutan" pungkasnya.