Bantu Jaga Pendapatan Pengemudi dan Penghematan Konsumen, Grab Imbangi Kenaikan Tarif dengan Layanan Baru

Grab, aplikasi superapp terkemuka di Asia Tenggara, berupaya untuk terus membantu terjaganya pendapatan mitra pengemudi. Caranya dengan melakukan penyesuaian tarif untuk layanan transportasi yang di mulai 11 September 2022 pukul 00.01 WIB.


Pada waktu bersamaan, Grab juga mendukung agar pengeluaran konsumen lebih hemat dengan memperkenalkan layanan GrabBike Hemat dan Promo Diskon Ngegas GrabCar yang dapat dinikmati pengguna Grab di seluruh Indonesia selama periode yang ditentukan.

Kedua inisiatif tersebut diharapkan membantu meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah kondisi yang dinamis saat ini.

Penyesuaian tarif dijalankan menyusul penetapan aturan baru tarif transportasi online yang terangkum dalam KP No. 667 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi. 

Besaran penyesuaian tarif telah dihitung secara saksama sesuai dengan aturan pemerintah, namun juga dirancang untuk menjaga kesejahteraan para mitra pengemudi di tengah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), serta tetap menjaga kestabilan permintaan pasar terhadap layanan Grab. 

Tarif baru untuk layanan GrabBike meliputi zona 1 yakni Sumatera, Bali, dan Jawa (selain Jabodetabek) dengan tarif dasa minimum (0-4 km) Rp8.000 - Rp10.000 dengan tarif Per-km Rp2.000 - Rp2.500.

Untuk zona 2 yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi (Jabodetabek) dengan tarif dasa minimum (0-4 km) Rp10.200 - Rp11.200 dengan tarif Per-km Rp2.550 - Rp2.800.

Sedangkan zona 3 yakni Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sekitarnya, Maluku & Papua sengan tarif dasa minimum (0-4 km) Rp2.300 - 2.750.

Dari ketiga catatan tersebut, tarif yang tertera adalah tarif setelah dikurangi komisi dan biaya pemesanan.

Sebagai bagian dari upaya Grab dalam membantu mitra pengemudi dalam menghadapi dampak kenaikan harga BBM, penyesuaian tarif juga akan diberlakukan untuk layanan GrabCar dan layanan pengantaran, yakni GrabExpress dan GrabFood, serta akan ada penyesuaian untuk GrabElectric sesuai dengan layanannya masing-masing. 

Berikut detail penyesuaian tarif untuk layanan GrabCar, GrabExpress, dan GrabFood:

Untuk layanan GrabCar kenaikan tarif dasar minimum hingga Rp2.000, persentase kenaikan tarif per-km hingga 10 persen. Sedangkan GrabExpress kenaikan tarif dasar minimum hingga Rp1.000, persentase kenaikan tarif per-km hingga 6 persen.

Bagi layanan GrabFood kenaikan tarif dasar minimum hingga Rp1.000, persentase kenaikan tarif per-km hingga 7 persen. Namun tentunya kenaikan tarif tersebut dapat berbeda-beda di setiap kota.

Menanggapi penyesuaian tarif yang diberlakukan tersebut, Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia, menjelaskan, penyesuaian tarif serta kehadiran layanan GrabBike Hemat dan promo bagi konsumen merupakan upaya kami untuk tetap menawarkan pilihan layanan transportasi yang aman dan terjangkau. 

"Ini adalah bentuk dukungan Grab terhadap konsumen setia kami sembari memastikan keberlangsungan pemasukan bagi para mitra pengemudi di tengah kondisi yang sarat perubahan seperti saat ini," Neneng Goenadi dalam keterangan resmi yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (11/9).

Lebih lanjut, Neneng menjabarkan bahwa layanan GrabBike Hemat juga dapat menjadi pilihan ekonomis masyarakat yang siap diandalkan untuk melayani perjalanan sehari-hari mereka. 

“Layanan GrabBike Hemat yang menawarkan opsi tarif kompetitif untuk perjalanan jarak pendek diperluas untuk seluruh wilayah di Indonesia selama periode yang telah ditentukan,” jelas Neneng.

Bersamaan dengan perluasan cakupan GrabBike Hemat ke seluruh Indonesia, Grab juga menghadirkan Promo Diskon Ngegas GrabCar yang menawarkan potongan harga menarik untuk layanan GrabCar yang mulai berlaku hari ini. 

Seperti layanan transportasi lainnya di Grab, berbagai fitur keamanan yang mumpuni diaplikasikan untuk memastikan keamanan, kenyamanan dan kualitas layanan yang lebih baik bagi para konsumen layanan GrabBike Hemat dan di Promo Diskon Ngegas GrabCar. Fitur-fitur tersebut antara lain:

Nomor samaran untuk melindungi privasi pengguna dan mitra pengemudi.

Kemudian akses kepada 24/7 Pusat Layanan Pelanggan Grab.

Lalu fitur Tombol Keselamatan yang dapat digunakan dalam keadaan darurat.

Juga fitur Bagikan Informasi Perjalanan yang memungkinkan pengguna untuk membagikan detail perjalanan kepada orang terdekat

Notifikasi “Berhenti Tiba-Tiba” apabila perjalanan terindikasi berhenti lama, tidak sesuai jalur, hingga titik penurunan yang lumayan jauh dari titik tujuan awal

Selain GrabBike Hemat, layanan GrabBike lainnya seperti GrabBike reguler hingga GrabElectric juga tersedia untuk mendukung mobilitas harian pengguna.

Seperti diketahui Grab merupakan aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara berdasarkan GMV (Gross Merchandise Value) pada 2021 untuk layanan pengiriman makanan, mobilitas, dan dompet digital versi Euromonitor. 

Grab mengoperasikan layanan pengantaran, mobilitas, dan keuangan digital di 480 kota di delapan negara di Asia Tenggara - Kamboja, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. 

Setiap harinya, Grab memungkinkan jutaan orang terhubung dengan mitra pengemudi dan usaha untuk memesan makanan atau barang kebutuhan harian, mengirim paket, memesan tumpangan baik roda dua maupun roda empat, melakukan pembayaran belanja online atau mengakses layanan lainnya seperti pinjaman, asuransi, pengelolaan kekayaan dan telemedicine, semuanya melalui satu aplikasi "serba bisa". 

Grab didirikan pada 2012 dengan misi memajukan Asia Tenggara dengan menghadirkan pemberdayaan ekonomi bagi semua orang, dan sejak itu, aplikasi Grab telah diunduh jutaan perangkat bergerak. Grab bertujuan untuk mewujudkan misi triple bottom line yaitu mencapai kinerja keuangan untuk para pemegang sahamnya, serta memberikan dampak sosial dan lingkungan yang positif di Asia Tenggara pada saat yang bersamaan.