Kualifikasi Piala Asia, Timnas U-20 Gasak Timor Leste Empat Gol di Gelora Bung Tomo

Hokky Caraka/ akun PSSI
Hokky Caraka/ akun PSSI

Pada laga perdana Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/9) malam WIB, Timnas Indonesia U-20 mengalahkan Timor Leste 4-0.


Hasil ini menempatkan Timnas U-20 di posisi kedua Grup F dengan koleksi tiga poin. Tim asuhan Shin Tae Yong, berada di bawah Vietnam yang memuncaki klasemen usai menang 5-1 atas Hong Kong.

Timnas berhasil membuka keunggulan 1-0 atas Timor Leste pada menit ke-12. Umpan mendatar Kakang Rudianto dari sisi kanan tanpa kesulitan mampu dikonversi menjadi gol oleh Hokky Caraka.

Timor Leste sempat menciptakan peluang usai kebobolan. Upaya dilakukan Joao Bosco lewat tembakan dari luar kotak penalti yang bisa diamankan Cahya Supriadi.

Hokky Caraka mencetak gol kedua pada laga ini dengan sundulan setelah memanfaatkan umpan silang Kakang Rudianto pada menit ke-30. Indonesia unggul 2-0 atas Timor Leste hingga babak pertama usai.

Timnas Indonesia U-20 hanya butuh lima menit untuk memperbesar keunggulan menjadi 3-0 di babak kedua. Sundulan Hokky lagi-lagi menjadi petaka buat gawang Timor Leste.

Penggawa PSS Sleman ini melakukan lompatan tinggi untuk menyambut umpan silang Robi Darwis. Hokky pun dengan cermat membobol gawang Timor Leste melalui sundulan.

Timnas Indonesia U-20 nyaris menambah keunggulan menjadi 4-0. Sayang sontekan Ginanjar Wahyu Ramadhani memanfaatkan umpan mendatar Frenky Missa masih diblok kiper Timor Leste.

Pada menit ke-64 giliran Ronaldo Kwateh yang mendapatkan peluang. Kali ini tembakan Ronaldo dari sudut sempit belum mampu menggetarkan gawang Timor Leste.

Timnas U-20 yang mulai menurunkan tempo permainan masih mampu menebar ancaman ke gawang Timor Leste pada menit ke-70. Hokky nyaris mencetak gol keempatnya di laga ini andai sundulannya tidak menerpa mistar gawang lawan.

Memasuki 15 menit terakhir, tempo pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Timor Leste menurun drastis. Kendati begitu Timnas U-20 bisa menciptakan satu gol tambahan melalui sundulan Rabbani Tasnim memanfaatkan lemparan jarak jauh Robi Darwis pada menit ke-89.

Kemenangan timnas sendiri, bukan hanya faktor disiplin di lini tengah dan depan. Namun, kiper timnas Cahya Supriadi juga turut menjadi andil. Dua kali Cahya sukses mengeblok bola dari tendangan pemain Timor Leste yang sudah berhadapan di depan gawang.