Sosialisasi Pendidikan Politik untuk Pelajar, Bupati Mundjidah: Pembelajaran Demokrasi

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bekesbangpol) Kabupaten menyelenggarakan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi pemilih pemula atau pelajar SMA/SMK, bertempat di pendopo Kabupaten Jombang, Senin (19/9).


Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa tahun 2024 merupakan tahun dengan momentum politik yang sangat signifikan. Dimana pada tahun 2024 Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan umum (Pemilu).

"Ada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, juga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan menentukan Kepala Daerah di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota," jelasnya.

Sehingga pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini, menurutnya, generasi milenial sebagai salah satu masyarakat pemilih pemula yang berperan penting dimasa mendatang, maka penanaman pendidikan politik terhadap milenial sangatlah penting.

"Agar roda demokrasi dapat berkelanjutan dalam melahirkan para pemimpin bangsa Indonesia kedepannya," paparnya.

Seperti diketahui, generasi milenial memiliki potensi yang besar bagi kekuatan politik karena jumlahnya yang banyak. Namun, minimnya ketertarikan dan kepedulian generasi muda yang terlibat partisipasi dalam politik secara konvensional karena berbagai alasan ini perlu mendapatkan pencerahan atau sosialisasi terkait hal tersebut.

Dia berpesan, supaya generasi muda ini mengikuti sosialisasi dengan seksama agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan politik. Dimana nantinya para pemilih pemula ini bisa menyalurkan hak suara dalam pemilihan umum tahun 2024 mendatang.

"Partisipasi pemuda sangatlah penting, apalagi pemilih pemula. Hal ini sebagai pembelajaran demokrasi," ujar Bupati Jombang yang juga merupakan putri tokoh penggerak dan pendiri Nahdlatul Ulama, KH Wahab Chasbullah.

Dia berharap, generasi muda milenial yang hadir dalam kegiatan ini terus mengasah wawasan dan pengetahuan juga bisa menularkan energi positif dan bermanfaat dalam menuntut ilmu.

"Sebagai penggerak pelajar di Jombang. Sebagai generasi muda, penerus harapan bangsa, isilah kegiatan kalian dengan hal yang bermanfaat. Teruslah menuntut ilmu. Bagikan ilmu dan wawasan pengetahuan politik hari ini kepada teman teman kalian," katanya.

Dalam Sosialisasi Pendidikan Politik untuk Pemilih Pemula, dimoderatori oleh Kepala Kang Kesatuan Bangsa dan Politik, Drs Anwar, pelajar yang hadir mendapatkan materi dari Ketua DPRD Jombang Mas'ud Zuremi yang memberikan materi terkait partai politik dan berbagi pengalamannya dalam berpolitik.

Sementara, Anggota Komisioner KPU Kabupaten Jombang, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Rita Darmawanti juga memberikan materi terkait tahapan Pemilu.

Para peserta pemilih pemula ini nampak antusias memanfaatkan sesi tanya jawab yang diberikan. Dari kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pelajar pemilih pemula, serta meningkatkan partisipasi pemilih pemula untuk menyukseskan pemilu.

Disela kegiatan itu, Bupati Mundjidah menyaksikan penandatanganan MoU antara Forum Kerukunan Umat Beragama yakni oleh Munif Kusnan dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Senen, Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Jombang Sri Hartati, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang Taufiqurrahman.

Yakni MoU untuk saling bersinergi berdasarkan kewenangan, tugas, fungsi, program dan kegiatan yang saling mendukung serta memperkuat kerja sama dalam rangka penguatan moderasi beragama.

Penandatanganan MoU disaksikan oleh Bupati Jombang dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Setdakab Jombang Purwanto.