Hari Pahlawan, Pengendara hingga Pelajar Heningkan Cipta di Simpang 4 Jalan Ki Hajar Dewantara Jombang

Para pengendara mengheningkan cipta kenang dan teladani pahlawan di jalan ki hajar dewantara Jombang/rmoljatim
Para pengendara mengheningkan cipta kenang dan teladani pahlawan di jalan ki hajar dewantara Jombang/rmoljatim

Sejumlah pengendara motor di Kabupaten Jombang melakukan aksi mengheningkan cipta di jalan Ki Hajar Dewantara atau Simpang 4 depan SMAN 2. Momentum itu sebagai peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022 yang jatuh pada hari ini.


Sebagai generasi yang meneladani sifat kepahlawanan, kegiatan itu dilakukan sebagai upaya memupuk rasa jiwa kebangsaan dan cinta Indonesia. Selama 5 menit pengguna jalan dari empat penjuru mata angin berhenti di masing-masing lampu merah di simpang empat tersebut.

Tidak hanya pengguna jalan, para pelajar di sekitar simpang empat monumen Ki Hajar Dewantara itu juga turut keluar ke jalan. Mereka bersama mengheningkan cipta dan menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November. 

Kegiatan tersebut dipandu langsung oleh petugas Satlantas Polres Jombang. Meski dilakukan di jalan, namun upacara Hari Pahlawan 10 November di jalan raya Ki Hajar Dewantara dan Pattimura itu terlihat cukup khidmat.

"Kegiatan ini merupakan intruksi Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto untuk melakukan upacara di simpang-simpang jalan dengan mengajak tokoh masyarakat, para pelajar dan lainnya," kata AKP Rudi Purwanto, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (10/11).

Kasatlantas Polres Jombang ini mengungkapkan, kegiatan mengheningkan cipta selama kurang lebih 5 menit berlangsung khidmat, momentum ini sebagai ungkapan rasa syukur mengenang dan meneladani para pahlawan.

"Tadi telah dilaksanakan dengan khidmat mengheningkan cipta dan menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk menghormati para pahlawan yang gugur mendahului," tuturnya.

Dia menjelaskan, bahwa lokasi tersebut dipilih karena berada di tengah kawasan pendidikan. Selain juga terdapat monumen Ki Hajar Dewantara yang merupakan salah satu tokoh pahlawan nasional.

Rudi berharap, upacara hari pahlawan yang dilakukan bersama pelajar dan pengguna jalan bisa menanamkan rasa nasionalisme dan mengingatkan jasa para pahlawan yang sudah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia. 

"Mengingat di sini dikelilingi oleh sekolah-sekolah dan pelajar. Intinya kita ingin memberikan motivasi ke para pelajar untuk mencintai tanah air, untuk mengenang jasa pahlawan dan untuk membangkitkan jiwa nasionalisme. Jadi adik-adik sudah terdidik mulai sekarang," ujarnya.