Piala Dunia 2022, Prancis Menang Telak 4-1 atas Australia

Olivier Giroud masih menunjukkan ketajamannya bersama Prancis di Piala Dunia 2022/Net
Olivier Giroud masih menunjukkan ketajamannya bersama Prancis di Piala Dunia 2022/Net

Sang juara bertahan Piala Dunia 2018, Prancis, masih mampu menunjukkan taringnya tetap tajam meski tak diperkuat sejumlah pemain andalan. Australia yang jadi lawan pertama mereka di Piala Dunia 2022 dipermak dengan skor telak 4-1.


Meski demikian, dalam laga yang digelar di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar, Rabu dinihari WIB itu (23/11) pasukan sempat dikejutkan gol cepat Socceroos.

Adalah Craig Goodwin yang membawa Australia memimpin 1-0 lebih dulu pada menit 9. Goodwin menjebol gawang Hugo Lloris, memanfaatkan umpan Mathew Leckie dari sisi kanan.

Bahkan, empat menit berselang, nasib buruk seperti ingin mendekap Prancis. Lucas Hernandez mengalami cedera dan harus digantikan Theo Hernandez.

Beruntung, mental juara tim berjuluk Les Bleus itu bisa segera kembali pulih. Tanda-tanda kebangkitan Prancis muncul usai Adrien Rabiot menjebol gawang Australia pada menit 27.

Dan, 5 menit berselang, Prancis mampu membalikkan keadaan. Kali ini giliran striker Olivier Giroud yang membuat suporter mereka di tribun stadion berteriak kegirangan.

Memasuki babak kedua, mesin Prancis sudah benar-benar panas. Tim asuhan Didier Deschamps ini benar-benar menekan habis pertahanan The Socceroos. Sejumlah peluang matang pun mampu mereka ciptakan.

Dua di antaranya berbuah gol. Dua-duanya melalui sundulan.

Pada menit 68, Kylian Mbappe menyambut crossing Ousmane Dembele dengan sebuah tandukan mematikan ke gawang Australia. Skor menjadi 3-1.

Keunggulan Prancis makin besar hanya dalam tempo tiga menit berselang. Adalah Giroud yang untuk kedua kalinya mencatatkan namanya di papan skor.

Diawali penetrasi Kylian Mbappe di sisi kiri, penyerang PSG itu kemudian dengan melepaskan umpan ke tengah, yang cepat disundul Giroud.

Kemenangan ini membawa Prancis memimpin Grup D Piala Dunia 2022 dengan 3 poin. Tunisia dan Denmark mengekor di bawah dengan masing-masing 1 poin, dan Australia menjadi jurukunci.

Prancis 4-1 Australia

(Rabiot 27', Giroud 32', 71', Mbappe 68' - Goodwin 9')

Prancis: Hugo Lloris, Benjamin Pavard (Jules Kounde 89'), Dayot Upamecano, Ibrahima Konate, Lucas Hernandez (Theo Hernandez 13'), Aurelien Tchouameni (Youssouf Fofana 771'), Adrien Rabiot, Ousmane Dembele (Kingsley Coman 77'), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Olivier Giroud (Marcus Thuram 89').

Australia: Mathew Ryan, Aziz Behich, Kye Rowles, Harry Souttar, Nathaniel Atkinson (Milos Degenek 85'), Jackson Irvine (Keanu Baccus 85'), Aaron Mooy, Riley McGree (Awer Mabil 73'), Craig Goodwin (Garang Kuol 74'), Mitchell Duke (Jason Cummings 56'), Mathew Leckie.