Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Kota Semarang, Sehari-harinya Berprofesi Sebagai Tukang Kunci 

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Seorang warga Desa Kembangarum, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, yang bekerja sebagai tukang duplikat kunci, diamankan Tim Gabungan Densus 88 Mabes Polri.


Diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, warga bernama Khoirul Anas (44), diamankan Tim Densus 88 Mabes Polri. Dari penangkapan tersebut, tim melakukan penggeledahan rumah terduga, Kamis (1/12) siang.

Ketua RT 02, Supraptono, mengatakan, Khoirul Anas bukan asli warga Mranggen. Namun, dirinya bersama istri tinggal di rumah mertuanya.

"Bukan asli sini (Desa Kembangarum). Kalau gak salah orang Jatingaleh," ujar Supraptono, Rabu (7/12).

Supraptono menambahkan, sehari hari, Anas dikenal rajin sholat jamaah di mushola.

"Dia (Anas) kalau Maghrib, Isya dan Subuh, jamaah di Mushola SMK Pembangunan. Selain itu tidak ada aktivitas apa-apa setelah jamaah," tambah Supraptono.

Sementara itu, Kepala Dusun Krajan, Sumaryanto, yang juga menyaksikan penggeledahan tersebut, mengungkapkan, saat penggeledahan, ada beberapa petugas yang masuk dan membawa beberapa barang, seperti buku-buku, busur dan anak panah serta parang.

"Waktu menggeledah saya hanya diminta menyaksikan saja. Kalau terkait apa saya juga kurang tahu," kata Sumaryanto.

Menurutnya, usai mengamankan sejumlah barang, petugas memberikan beberapa lembar kertas untuk ditandatangani pihak keluarga.

"Setelah selesai, anggota keluarga menandatangani semacam surat gitu. Istrinya cuma bilang kalau suaminya orang baik, selebihnya tidak ada protes atau pertanyaan lain," tambah Kadus.

Penangkapan Khoirul Anas, sempat mengagetkan warga Desa Kembangarum. Meski kurang berinteraksi, yang bersangkutan dikenal baik dan tidak sombong terhadap warga lain.

"Kami warga selama ini tidak melihat aktivitas atau apapun yang mencurigakan. Ya jelas kaget, tiba-tiba ada informasi kalau Mas Anas ditangkap karena terlibat teroris," ungkap Ketua RW 02, Suswoyo.

Berdasarkan informasi di lapangan, Tim Densus 88 Mabes Polri melakukan serangkaian penangkapan terduga teroris di Jawa Tengah. Khoirul Anas alias Juna, turut diamankan saat bekerja di kawasan Tembalang, Kota Semarang.