RS Gambiran Kota Kediri Kembangkan Program OCT

Peralatan untuk periksa retina/Ist
Peralatan untuk periksa retina/Ist

Di era saat ini terdapat berbagai macam tekonologi yang unggul di segala bidang, tidak terkecuali bidang diagnostik retina atau screening retina. 


Screening retina merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi dan melihat kemungkinan adanya kerusakan pada retina atau masalah yang berkaitan dengan menurunnya fungsi retina. 

Salah satu alat yang digunakan dalam mendiagnosis keadaaan retina adalah Optical Coherence Tomography (OCT). Dan saat ini RS Gambiran Kota Kediri telah mengembangkan program OCT.

Optical coherence tomography (OCT) adalah teknik pencitraan diagnostik medis yang memanfaatkan fotonik (photonics) dan serat optik untuk mendapatkan gambar dan karakter jaringan mata. Pada tomografi baru ini, saraf optik dan struktur retina digambarkan pada tingkat resolusi yang sangat tinggi.

Pada prosedur ini lapisan anatomi retina dapat dibedakan dan ketebalan retina dapat diukur. Menggunakan diagnostik modern dan teknik pencahayaan menggunakan resolusi tinggi. 

Pemeriksaan yang tidak menembus ke dalam tubuh namun bernilai diagnostik tinggi ini telah dilengkapi penyelarasan otomatis yang memudahan saat melakukan pemeriksaannya. Berbagai kelainan yang terjadi pada saraf mata dapat terdeteksi dengan menggunakan OCT. 

Kelainan mata seperti degenerasi makula (penuaan pada saraf mata), retinopati diabetik, edema makula diabetik, glaukoma, papilitis (radang saraf mata) dapat digunakan untuk memantau respon terhadap terapi. 

Kehadiran OCT telah terbukti sangat berguna dalam membantu diagnosa dan evaluasi berbagai kelainan mata karena mampu menguraikan lapisan demi lapisan serabut syaraf. 

Alat ini tidak kontak langsung dengan bola mata sehingga dapat mengurangi efek samping yang merugikan mata. Pasien-pasien akan merasakan kenyamanan pada saat sesi pemeriksaan.