Survey Elektabilitas Capres 2024, Ganjar Pranowo Urutan Pertama Diikuti Prabowo dan Risma

Ikhsan Rosidi/RMOLJatim
Ikhsan Rosidi/RMOLJatim

Nama Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di urutan teratas perihal elektabilitas di Kota Surabaya.


Berdasarkan hasil survey Surabaya Survey Center (SSC), diketahui bahwa Ganjar punya persentase elektabilitas sebesar 36,4 persen.

Persentase elektabilitas Ganjar Pranowo melampaui nama lain, seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan (16,3 persen), Menteri Sosial (Mensos) sekaligus mantan Wali Kota Surabaya Tri Rimaharini atau Risma (10,7 persen), dan Capres usungan Partai NasDem Anies Baswedan (9,3 persen).

"Untuk Surabaya, Elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai pilihan calon presiden untuk 2024 nanti terlalu kuat," kata Peneliti Senior SSC Ikhsan Rosidi dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (12/1).

Sementara itu, hasil survey SCC juga mencutut sejumlah nama, seperti Agus Harimurti Yudhoyono (3,9 persen), Puan Maharani (3,5 persen), dan (3,3 persen).

Kemudian, Ridwan Kamil (3,2 persen), Sandiaga Uno (2,0 persen), Khofifah Indar Parawansa (1,4 persen), Andhika Perkasa (1,4 persen), Airlangga Hartarto (1,3 persen), dan Mahfud MD (0,8 persen), Muhaimin Iskandar (0,6 persen).

"Menjawab lainnya ada 0,8 persen dan tidak tahu/tidak memilih (TT/TM) 6,9 persen," terangnya 

Ikhsan menambahkan, ceruk atau irisan suara di masyarakat Surabaya masih terbuka. Sebab, ada persentase 6,9 persen yang masih tidak mengetahui/tidak memilih.

Ceruk sebesar 6,9 persen disebut potensial untuk diperebutkan meraih elektabilitas di Kota Surabaya, meskipun pengaruhnya tak begitu signifikan menggeser Ganjar Pranowo dari puncak.

"Walaupun jika melihat jarak angka elektabilitas Ganjar dengan kandidat lain yang sangat lebar, ceruk ini tidak akan terlalu signifikan berpengaruh," terangnya.

Sekadar diketahui, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan mulai 1-10 Januari 2023, di 31 Kecamatan di Kota Surabaya. 

Survey SCC ini melibatkan 1.200 responden, dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.