Bupati Mojokerto Apresiasi Swasta Bantu Entas Pengangguran Melalui Sharing Value

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menyampaikan apresiasi kepada Desa Mlirip dan Ajinomoto karena turut membantu menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat, yakni pengangguran.


“Ini adalah program dan ide yang sangat luar biasa, jadi para penerima gerobak ini tidak hanya mendapat gerobak saja, tetapi juga mendapatkan pelatihan. Sehingga setelah diserah terimakan, gerobak ini bisa langsung difungsikan, karena penerimanya sudah mendapat pelatihan skill untuk berjualan mie bakso dan mie ayam bakso,”kata Bupati dikutip kantor berita RMOLJatim, Jumat.

Bupati Ikfina sepakat, adanya gerakan sharing value dari Ajinomoto ini kedepan manfaatnya mampu merambah ke masyarakat yang lain.

“Sehingga masyarakat yang lain pun nanti bisa merasakan manfaatnya. Ini adalah bagian untuk menyelesaikan permasalahan pengangguran imbas pandemi dan transformasi digital,” imbuhnya.

Ini juga sebagai upaya pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19 dilakukan di Pemerintah Desa Mlirip, Kecamatan Jetis melalui BUMDes Barokah Mlirip bekerjasama dengan Ajinomoto membuka lapangan kerja baru. Sebanyak lima rombong mie bakso dan mie ayam bakso diserahkan Bupati Mojokerto.

Kepala Desa Mlirip, Purwanto menjelaskan, penyerahan lima gerobak untuk berjualan mie bakso dan mie ayam bakso ini wujud kerjasama antara BUMDes dan Ajinomoto untuk menyelesaikan permasalahan pengangguran di Desa Mlirip.

“Di Desa Mlirip, pengangguran masih banyak, dengan adanya program sharing value Ajinomoto ini, kami bekerjasama untuk membuka lapangan pekerjaan, sehingga sedikit demi sedikit permasalahan pengangguran di desa kami teratasi,” ungkapnya.

Purwanto berharap, program-program hasil kerjasama dengan perusahaan yang berada di sekitar Desa Mlirip bisa berimbas positif terhadap masyarakat.

“Harapan kami, program semacam ini bisa menjadi penggerak ekonomi masyarakat kami,”harapnya.

Direktur Ajinomoto Mojokerto, Yudho Kusbandrio menyampaikan, program sharing value ini merupakan program dari perusahaan pusat yang juga harus diikuti oleh perusahan-perusahaan di daerah.

“Tentunya kami ingin membangun masyarakat di sekitar perusahaan kami turut sejahtera, sharing value ini merupakan perubahan dari CSR, yang dikembangkan menjadi gerakan sharing value ini,” jelasnya.