Songsong Pemilu Serentak 2024, 474 PKD Lamongan Diambil Sumpah

Bupati Lamongan Yes Saat Hadiri Pelantikan Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) di GOR Kantor Dinas Pendidikan Lamongan/ RMOLJatim
Bupati Lamongan Yes Saat Hadiri Pelantikan Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) di GOR Kantor Dinas Pendidikan Lamongan/ RMOLJatim

Meyongsong Pemilu serentak 2024 Pemkab  lamongan melalui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lamongan bersinergi menyiapkan pelaksanaan  pemilu agar terwujud pemilu yang bermartabat.


Salah satunya dengan melantik dan mengambil sumpah Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) oleh Ketua Bawaslu Lamongan Miftahul Badar, Minggu (5/2) di GOR Kantor Dinas Pendidikan Lamongan.

Pelantikan serentak 27 Kecamatan di Lamongan itu disaksikan langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. Bupati yang akrab disapa Pak Yes mengungkapkan bahwa PKD merupakan jantung dari pemilu, karena memiliki kontribusi mengawasi terlaksananya pemilu dengan baik di tingkat Desa atau Kelurahan agar memenuhi asas pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil atau (Luber dan Jurdil)

"Pengawasan menjadi elemen penting dalam pilar pelaksanaan pemilu. Harapan kita dengan dilantiknya PKD menunjukkan bahwa kesiapan dari Bawaslu dalam persiapan pemilu. Sekaligus mampu menjadi pengawas yang benar-benar amanah jujur dan bertanggungjawab sebagaimana slogan pemilu yaitu jujur dan adil," tutur Pak Yes.

Menurut Badar, setelah adanya pelantikan dan pengambilan sumpah akan dilaksanakan pembekalan agar anggota PKD mampu melaksanakan tugas pengawasannya secara maksimal. 

"Mereka sudah melewati proses penyaringan cukup panjang sejak Januari lalu, mulai dari seleksi administrasi hingga tes wawancara. Setelah pelantikan ini akan ada pembekalan, temen-temen akan dibekali dengan kecakapan dasar pengawasan intinya kami berharap PKD ini bisa integritas profesionalitas karena sebagai garda terdepan," kata Badar.