Peringatan HPN 2023, Bupati Sanusi Terima Penghargaan Abyakta

Bupati Malang, H. Sanusi saat memegang Trofi Abyakta/Ist
Bupati Malang, H. Sanusi saat memegang Trofi Abyakta/Ist

Dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Bupati Malang, H. Sanusi menerima penghargaan Abyakta yang diserahkan langsung oleh Ketua PWI pusat Atal S Depari di Kota Medan, Sumatera Utara. Kamis (9/2). 


Penyerahaan penghargaan Abyakta itu turut disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir H. Joko Widodo, serta ribuan wartawan se- Indonesia. 

Penghargaan Abyakta tersebut dapat diraih oleh Bupati Malang, karena dinilai sukses dalam menginovasi mata rantai pangan, sandang, dan papan yang berbasis pada kebudayaan (kearifan lokal) dan informasi global, menuju pangan yang berswasembada, sandang yang berkepribadian, serta papan yang selaras dengan alam dan lingkungan.

Pada keterangannya, H. Sanusi menyampaikan berbagai inovasi telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dalam rangka memperkuat sektor ketahanan pangan. Hal itu tak terlepas dari potensi kawasan Kabupaten Malang yang berlatar belakang agraris. 

"Hamparan kawasan produktif yang ada di Kabupaten Malang mencakup berbagai sektor pangan seperti pertanian, perkebunan, hortikultura hingga peternakan dan perikanan juga kelautan. Dan hal tersebut, secara praktis menjadikan Kabupaten Malang sebagai salah satu wilayah administratif yang menjadi penyangga program swasembada pangan, baik itu pada skala regional dan nasional," ujarnya. 

"Ini merupakan sebuah penilaian yang dilakukan oleh semua pihak termasuk insan Pers mengenai Kabupaten Malang yang sudah melakukan inovasi dan terobosan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat,” imbuh orang nomer satu di Kabupaten Malang tersebut. 

Masih kata, H. Sanusi, Kabupaten Malang juga telah berkontribusi terhadap pasar pangan internasional melalui ekspor komoditas buah pisang, alpukat, dan manggis. Selain itu, sayuran seperti kubis, cabai rawit, dan bawang merah, kopi juga susu dan singkong beku.

Komoditas tersebut telah menembus beberapa pasar internasional seperti Singapura, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, Malaysia, Laos, Kamboja, Taiwan, Hongkong, China, Jepang dan Pakistan. Selain itu juga beberapa negara di Benua Eropa dan Amerika Serikat, seperti Belanda, Jerman, Belgium, Perancis, Uni Emirat Arab dan beberapa negara lainnya.

"Dengan diterimanya Abyakta ini, Pemerintah Kabupaten Malang akan semakin intern bekerjasama dengan insan Pers, agar informasi yang layak dapat diserap masyarakat dengan tepat,” pungkasnya.