Bawaslu Kota Mojokerto Ajak Masyarakat Ikut Awasi Pemilu

Deklarasi pemilu damai dan soft launching jarimu awasi pemilu Bawaslu Kota Mojokerto/IST
Deklarasi pemilu damai dan soft launching jarimu awasi pemilu Bawaslu Kota Mojokerto/IST

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Mojokerto melaunching posko kawal hak pilih serta deklarasi pemilu damai dan berintegritas.


Hal itu melalui program siaga pengawasan satu tahun menuju pemilu 2024 dan soft launching jarimu awasi pemilu.

Acara ini digelar di hotel Lynn Hotel Mojokerto, Selasa (14/03/2023). Hadir Panwaslu kecamatan, FKUB, kalangan kampus, organisasi kepemudaan, ojek online, karang taruna, hingga pemantau pemilu. 

Komisioner Devisi Hukum dan Pengawasan Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu, Dian Prahmawati mengungkapkan aplikasi digital Bawaslu RI ini adalah aplikasi tentang pertukaran informasi dari berbagai kelompok menjadi komunitas digital.

"Ketika ditemukan pelanggaran bisa disharing disitu. Aplikasi ini merupakan sarana literasi kepemiluan," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Diungkapkan pengawas partisipatif adalah hak masyarakat. Semua berhak ambil posisi untuk menyalurkan aspirasinya.

"Dengan launching komunitas digital pengawasan partisipatif Jarimu Awasi Pemilu, kemudian launching Posko Kawal Hak Pilih serta Deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas diharapkan bisa berjalan dengan lancar," imbuhnya. 

Dian mengajak semua lini saling bergandeng tangan dalam komunitas pengawas partisipatif mengawasi pemilu. Agen of change menularkan pengawasan ke masyarakat.