Di Tasyakuran Empat Tahun Kepemimpinan Khofifah - Emil, Gubernur Khofifah Tiga Kali Ucapkan Terima Kasih Penuh Haru

Kepempimpinan Khofifah-Emil
Kepempimpinan Khofifah-Emil

Persis empat tahun lalu, 14 Februari 2019 sore hari menjelang maghrib Khofifah- Emil yang dilatik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur  Jawa Timur oleh Presiden RI Joko Widodo memulai memasuki Gedung Negara Grahadi.


Kemarin (Senen 13/2) merupakan tahun ke empat dilantiknya Khofifah- Emil sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Oleh Presiden RI Joko Widodo. Suasana haru menyelimuti tasyakuran 4 tahun kepemimpinan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakilnya Emil Elestianto Dardak di Gedung Negara Grahadi, Senin (13/2) petang.

Pada kesempatan itu, Gubernur Khofifah tak banyak menyampaikan kata sambutan. Sebagai pucuk pimpinan di provinsi terbesar kedua di Indonesia itu, Gubernur Khofifah hanya memperbanyak ucapan terima kasih atas segala dukungan yang diberikan pada seluruh jajaran Pemprov Jatim.

"Saya menyampaikan terima kasih. Kedua terima kasih. dan ketiga Terima kasih.  Terima kasih semuanya, matur nuwun  pak Wagub , terima kasih semua support ASN Pemprov Jatim. Terimakasih semua dukungan masyarakat Jawa Timur khususnya media dan para jurnalis. Terimakasih  do'a para Ulama Jawa Timur. Mohon maaf jika ada khilaf," kata Gubernur Khofifah sembari menitikkan air mata.

Ucapan terima kasih dari Gubernur perempuan pertama di Jatim itu didedikasikan tidak hanya untuk partner kerjanya Wakil Gubernur Jatim dan kepala organisasi perangkat daerah di Jatim tetapi juga kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemprov Jatim, termasuk para pegawai tidak tetap (PTT) serta semua masyarakat Jawa Timur.

"Seluruh kawan-kawan pimpinan OPD Pemprov Jatim seluruh tim semuanya kepala cabang dinas, UPT-UPT semuanya terima kasih," ucapnya.

"Saya sangat mencintai panjengan semua salam hormat saya kepada staf termasuk seluruh PTT," imbuhnya.

Khofifah menyebut semua keberhasilan, capaian dan apresiasi yang banyak diperoleh Pemprov Jawa Timur adalah hasil kerja keras semua pihak termasuk para staf di Pemprov Jatim. Ia juga menyampaikan bahwa kerja keras yang telah dilakukan juga harus disertai dengan kecerdasan dan profesionalitas.

"Salam hormat saya karena mereka  operator-operator itu, kita bisa mendapatkan sangat banyak apresiasi karena kita bersatu karena kita solid," tuturnya. 

Tak hanya itu, Mantan Menteri Sosial RI ini juga mengajak seluruh pegawai Pemprov Jatim untuk bekerja lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat Jawa Timur.

"Ayo dijaga lebih bagus lagi lebih kompak lagi lebih solid lagi lebih berprestasi lagi dan memberikan manfaat serta keberkahan bagi seluruh masyarakat Jawa Timur," ajaknya.

Ia menegaskan bahwa janji kampanye yang dirumuskan dalam Nawa Bhakti Satya tetap menjadi prioritas utama bagi Khofifah Emil dalam memimpin Jawa Timur di sisa masa jabatannya saat ini. Pasalnya dalam setiap pertanggung jawabanya kepada DPRD Jatim, 11 indeks kinerja utama (IKU) pasti basis capaiannya yang di _break down_ dari Nawa Bhakti Satya. 

"Tetap Nawa Bhakti Satya karena itu janji kampanye dulu yang telah dirumuskan dalam 11 IKU , di detailkan dalam RKPD dan RPJMD," tuturnya.

Sebagaimana diketahui bahwa selama 4 tahun kepemimpinan Khofifah - Emil Dardak di Provinsi Jawa Timur, telah banyak memberikan kemajuan, dan capaian - capaian positif bagi provinsi di ujung timur Pulau Jawa ini.

Di tahun 2022 Ekonomi Jawa Timur tumbuh impresif ditunjukkan dengan capaian pertumbuhan ekonomi sebesar 5,34 persen (c-to-c) dan tumbuh diatas Nasional yang mencapai 5,31 persen (c-to-c). Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya PDRB per kapita tahun 2022 sebesar 10,52 persen dari 60,04 Juta Rupiah pada tahun 2021 menjadi 66,36 Juta Rupiah pada tahun 2022. Tak hanya itu, ia juga menjelaskan bahwa realisasi investasi Jawa Timur selalu meningkat dalam 4 tahun terakhir.

Realisasi investasi Jawa Timur selalu meningkat dalam 4 tahun terakhir. Peningkatan signifikan terjadi di tahun 2022 mencapai 110,3 Trilliun melampaui target  RPJMD 80 Trilliun yang meningkat sebesar 38,8 persen dibanding tahun 2021. Realisasi PMA meningkat sebesar 66,7 persen sementara PMDN meningkat 24,5 persen.

Koperasi dan UMKM sebagai Backbone Ekonomi Jawa Timur pada tahun 2021 berkontribusi sebesar 57,81% terhadap PDRB Jawa Timur atau meningkat sebesar 0,56 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada sektor pertanian dan peternakan Jawa Timur juga menunjukkan prestasi yang menggembirakan. Sejak tahun 2020 sampai 2023 tiga tahun berturut turut produksi padi serta sapi potong di Jatim merupakan yang tertinggi di antara semua Provinsi di Indonesia.  Jawa Timur juga merupakan eksportir tertinggi se-Indonesia  untuk komoditas perikanan. Jawa Timur juga merupakan Provinsi dengan capaian vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tertinggi Nasional. 

Provinsi Jawa Timur berhasil melakukan upaya Penurunan ketimpangan pengeluaran penduduk yang diukur dengan Indeks Gini sebesar -0.001, periode Maret 2020 sebesar 0,366 menjadi 0,365 pada September 2022. Capaian ini merupakan yang tertinggi dibanding Provinsi lain se-Jawa.

Penurunan kemiskinan di Jawa Timur juga berseiring dengan keberhasilan dalam mengentaskan desa tertinggal dan sangat tertinggal. Tahun 2019 terdapat 344 Desa Tertinggal dan 1 Sangat Tertinggal pada bulan Juli  Tahun 2021 seluruhnya berhasil terentaskan.

Capaian-capaian itu juga diamini oleh Sekda Prov Jatim Adhy Karyono yang menyebut bahwa ada banyak kemajuan di Jawa Timur selama kepemimpinan Gubernur Khofifah dan Wagub Emil Dardak.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya indikator -indikator bidang pembangunan yang semua indikatornya mengalami peningkatan dan hampir semua di atas rata-rata nasional. 

"Jawa Timur dipastikan berkontribusi sangat besar untuk pembangunan nasional," tutur Adhy.

Selain itu, Adhy Karyono menilai kepemimpinan Gubernur Khofifah dan Wagub  Emil banyak memberikan inspirasi bagi jajaran di Pemprov Jatim dan juga masyarakat. Utamanya konsep kepemimpinan yang diharapkan menjadi _game changer_ dan _enbler leader_ yang juga harus dibekaki dengan inisiasi, kolaborasi dan inovasi atau biasa disebut IKI oleh Gubernur Khofifah.

"Menjadikan kami bisa belajar untuk melaksanakan semua urusan yang tidak mungkin menjadi mungkin dan ini Akhirnya bisa menyelesaikan semua perencanaan, target-target yang telah ditetapkan dalam RKP maupun RPJMD," kata Adhy Karyono.

Sementara Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak menyampaikan apresiasi atas iklim guyub, rukun, dan semangat juang yang terus dibangun baik di jajaran Pemprov Jatim maupun seluruh lapisan masyarakat di Jawa Timur. Ia juga mengatakan bahwa kondusifitas Jawa Timur juga merupakan andil dari Forkopimda, Ormas dan seluruh jajarannya.

"Terima kasih kami khusus kepada Forkopimda dan seluruh  jajarannya ormas civil society dan seluruh jajarannya yang telah menjadi Mitra yang luar biasa untuk menjaga kondusifitas karena kondusifitas adalah prasyarat dari kemajuan syarat dari pembangunan," ucap Emil Dardak.

Kemudia secara khusus Emil mengaybahwa dirinya menjadi saksi bagiamana totalitas Gubernur Khofifah dalam menjaga stabilitas sosiopolitik maupun maslaha kebencanaan yang menimpa Jawa Timur. Dan memastikan Jawa Timur menjadi Provinsi yang stabil secara keseluruhan.

"Saya sebagai wakil gubernur menjadi saksi bagaimana Ibu Gubernur bekerja tanpa istirahat kalau menurut saya benar-benar untuk bisa menjadi nahkoda dalam menjaga stabilitas Jawa Timur baik secara sosiopolitik maupun dalam menghadapi pandemi situasi seperti bencana," tuturnya. 

*Ungkapan Rasa Syukur Beberapa Kepala OPD, Tokoh Agama dan Media*

Ungkapan syukur masa kepemimpinan Khofifah-Emil selama empat tahun juga disampaikan beberapa Apartur Sipil Negara (ASN) dan tokoh-tokoh yang turut hadir memberikan penilaian maupun kesan-kesan kepada dua pemimpin di Provinsi Jawa Timur itu. 

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wahid Wahyudi mengatakan selama empat tahun kepemimpinan Khofifah Emil banyak mendukung program di sektor pendidikan. Menurutnya, Gubernur Khofifah dan Wagub Emil memberikan atensi bagi guru, siswa maupun siwi SMA dan SMK di Jatim selama empat tahun kepemimpinan nya. 

"Melalui program Jatim Cerdas dan sehat yang ada dalam poin ini adalah Tis-Tas (Gratis dan Berkualitas) dengan memperluas cakupan bantuan siswa miskin, bantuan biaya sekolah, dana insentif operasional akreditasi, tunjangan kinerja bagi guru tidak tetap," tuturnya. 

Selain pendidikan, Gubernur Khofifah dan Wagub Emil turut berkontribusi mengenai kesehatan. Kepala Dinas Kesehatan Erwin Astha Triyono mengaku, atensi Gubernur Khofifah dan Wagub Emil sangat luar biasa. "Utamanya saat pandemi Covid-19 dan pengentasan stunting di Jatim, keduanya benar-benar total berkontribusi bagi masyarakat," tuturnya.  

Tidak hanya sektor pendidikan dan kesehatan, di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Gubernur Khofifah dan Wagub Emil turut memerhatikan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Indah Wahyuni mengatakan, selama empat tahun kepemimpinan mereka tidak bosan mengajak seluruh ASN di Jawa Timur untuk terus melakukan terobosan kreatif, inovatif sehingga mampu menjadi agen perubahan dalam proses pembangunan di Jatim. 

"Alhamdulillah, beberapa masukan Ibu Gubernur dan pak Wagub dilaksanakan dengan baik oleh sebagian besar ASN. Hasilnya, beberapa inovasi dan penghargaan berhasil kita raih," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Gubernur Khofifah dan Wagub Emil juga memperhatikan ekonomi, pendidikan dan ketrampilan mereka yang tinggal di pondok pesantren. Beberapa program salah satunya One Pesantren One Produk (OPOP). Yang mana di dalamnya terdapat ekosistem OPOP yakni Santripreneur dan Sosiopreneur telah diterapkan di sebagian besar pondok pesantren di Jatim. 

Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah KH  Asep Saifuddin Chalim mengaku, peran kedua pemimpin di Jatim benar-benar menaruh perhatian di lingkungan keagamaan. Sehingga, saat ini pesantren berfungsi bukan hanya sebagai lembaga pendidikan dan dakwah, namun juga sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat. "Bagaimana keduanya ingin mewujudkan kemandirian secara ekonomi bagi para santri maupun pondok pesantren di Jatim," jelasnya. 

Lebih lanjut, untuk menurunkan angka kemiskinan, sekaligus menyadarkan kewajiban  berzakat, Gubernur Khofifah dan Wagub Emil menggandeng Baznas Jatim. Ketua Baznas Jatim KH Muhammad Roziqi mengaku, peran Baznas bersama Pemprov Jatim salah satunya mengentaskan kemiskinan serta mengajak masyarakat  khusunya ASN berzakat. 

"Sejumlah program zakat produktif sudah dirancang sebagai upaya mengentaskan kemiskinan yang bersumber dari dana para muzaki atau pembayar zakat yang diterima oleh Baznas," jelasnya. 

Sementara itu dari insan media, Ketua PWI Jatim Lutfi Hakim menyampaikan kepemimpinan Khofifah - Emil berhasil menunjukkan kapasitas, kompetensi, dan kepiawaian-nya dalam menentukan arah kebijakan dan pembangunan di Jawa Timur. Dirinya menilai seluruh sektor dan sub-sektor program berhasil membawa perkembangan ke arah positif. "Basis kebijakan yang dilakukan oleh Khofifah- Emil telah membentuk konfigurasi yang kuat," tegasnya.