Kiai Muda Jatim Gelar Pengobatan Massal untuk Warga Desa: Agar Sehat Jasmani, Sehat Rohani

Pengobatan yang digelar Kiai Muda Jatim
Pengobatan yang digelar Kiai Muda Jatim

Sukarelawan Kiai Muda Jawa Timur yang mendukung Ganjar Pranowo menggelar pengobatan tradisional Tibbun Nabawi secara massal untuk masyarakat di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember pada Rabu (15/2) malam


Koordinator Wilayah Kiai Muda Jawa Timur, Gus Ali Baidlowi menjelaskan, pengobatan massal diikuti tak kurang dari 150 jemaah dan masyarakat Desa Tanjungrejo, serta dilakukan oleh para relawan praktisi spiritual Kiai Muda Jawa Timur.

"Kiai Muda Jawa Timur malam ini menggelar pengobatan massal Tibbun Nabawi, kerja sama dengan Jamiyyah Rukiah Kiai Muda di Wuluhan, Jember untuk memenuhi aspirasi masyarakat. Maka masyarakat banyak membuat permintaan ke kami untuk mengadakan pengobatan Tibbun Nabawi kepada tokoh spiritual di daerah Jember," ucap Gus Ali di Pondok Pesantren Roudhotut Tholibah Krajan, Desa Tanjunregrejo, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Pengobatan massal yang diadakan Kiai Muda Jawa Timur dilakukan dengan 3 metode, yakni terapi rukiah, terapi telur dan terapi bekam. Pengobatan tersebut dipimpin Nur Muhammad, selaku salah satu pimpinan jemaah rukiah. 

Jemaah dan masyarakat yang mengikuti pengobatan massal pun tampak antusias. Mereka mengikuti rangkaian demi rangkaian pengobatan Tibbun Nabawi yang dipandu Nur Muhammad.

Dia berharap setelah mengikuti pengobatan massal sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo itu, masyarakat tak hanya sehat secara jasmani saja, tetapi juga sehat rohani dan spiritualitas.

"Sebuah kesehatan itu penting buat kita dan juga buat bersama, apalagi sebuah kebahagiaan tidak ada artinya ketika kesehatan kami terganggu. Maka kesehatan jasmaniah dan rohaniah raga juga kami perhatikan," kata Gus Ali.

"Semoga dengan adanya pengobatan Tibbun Nabawi bisa mendorong masyarakat bahwa kesehatan itu dijaga, bukan ketika sakit baru kami berobat tapi sejak awal jaga pola kesehatan makanan dan spiritualitas kita tingkatkan," lanjut Gus Ali.

*Warga Desa Tanjungrejo Rasakan Manfaat Pengobatan Massal Kiai Muda Jawa Timur*

Salah satu peserta pengobatan massal bernama Khoiriyah menyampaikan, pengobatan massal yang diadakan Kiai Muda Jawa Timur di desanya sangat bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

Pasalnya, banyak masyarakat desa yang mengalami keluhan penyakit, namun tidak memiliki biaya untuk berobat ke rumah sakit. Sehingga masyarakat pun menyambut antusias pengobatan gratis dari Kiai Muda Jawa Timur.

"(Kiai Muda Jawa Timur) jadi ujung tombak di sini, sehingga masyarakat di sini punya solusi terkait keluhan yang ada di masyarakat. Sehingga masyarakat tahu bagaimana cara menanggulangi lewat pengobatan tradisional," ungkap Khoiriyah.

Dia menambahkan, meski pengobatan massal yang dilakukan dengan cara alternatif, namun masyarakat sangat bersyukur dapat mengikuti pengobatan tersebut.

Dia juga berharap penyakit yang dikeluhkannya dan masyarakat lainnya juga dapat disembuhkan melalui metode-metode yang diadakan dalam pengobatan massal tersebut.

"Relawan ini memotivasi kami dan memberi jalan keluar, memberi informasi sehingga masyarakat yang tidak tahu menjadi tahu, yang tidak mengerti menjadi mengerti," tuturnya.