Marciano Noorman: Ketua PSSI Baru Harus Bawa Sepakbola Indonesia Berprestasi 

Ketum KONI Pusat, Marciano Noorman (tengah) bersama voter asal Papua/RMOLJatim
Ketum KONI Pusat, Marciano Noorman (tengah) bersama voter asal Papua/RMOLJatim

Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI diharapkan menghasilkan sosok pemimpin yang dapat membuat sepakbola Indonesia berprestasi di kancah internasional. 


Hal ini disampaikan Ketua KONI Marciano Noorman saat menghadiri Pembukaan KLB PSSI, Kamis (16/2) di Hotel Shangri-La Jakarta.

"Saya berharap semua berjalan lancar dan aman saat Kongres nanti. Siapa pun ketua terpilih Sepakboka Indonesia harus tampil prestasi di mata Asia dan Dunia. Itu menjadi salah satu kebangkitan sepakbola Indonesia dalam kongres saat ini," ujar Marciano dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Mengenai mekanisme kongres, calon ketua umum akan dipilih terlebih dulu. Kemudian disusul dengan pemilihan wakil ketua umum. Setelah itu disusul kembali dengan pemihan anggota komite eskekutif PSSI. Semuanya dipilih secara terpisah.

Tata cara pemilihan pun mirip dengan Pemilu pada 2009. Para pemilik suara menyontreng atau memberikan tanda centang kepada gambar para calon di kertas suara.

Setelah itu, acara akan ditutup dengan pidato ketua umum PSSI terpilih yang akan memimpin organisasi tersebut dari 2023 hingga 2027.