Hasil Pertemuan AHY dan Surya Paloh di Markas Demokrat

Ketua Umum Partai Demokrat AHY salam komando dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh/RMOL
Ketua Umum Partai Demokrat AHY salam komando dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh/RMOL

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Markas Demokrat membahas sejumlah isu terkini. Mulai dari wacana sistem proporsional terbuka hingga pemantapan Koalisi Perubahan.


Demikian disampaikan AHY saat jumpa pers seusai menggelar pertemuan tertutup di Kantor DPP Partai Demokrat, Rabu (22/2).

“Kami semakin mengintensifkan komunikasi baik secara bilateral antara Nasdem dan Demokrat, namun juga dengan sahabat kami PKS,” kata AHY.

“Saya ulangi lagi Nasdem, PKS, dan Demokrat bisa semakin baik dan intensif, selalu ada kemajuan,” imbuhnya menegaskan.

AHY menegaskan, secara khusus pertemuannya dengan Surya Paloh dan jajaran DPP Partai Nasdem membahas masalah wacana sistem pemilu proporsional terbuka dan tertutup.

Dikatakan pensiunan Mayor TNI itu, kedua partai bersepakat menolak proporsional tertutup karena diyakini membuat mundur demokrasi di Indonesia.  

“Luar biasa Pak Surya Paloh ini mengatakan akan menjadi yang terdepan dan kami akan menjadi yang terdepan, Nasdem maupun Demokrat, untuk menolak isu yang saat ini terus meresahkan, yaitu wacana sistem pemilu proporsional tertutup,” tegasnya.

Senada, Surya Paloh mengatakan bahwa terkait rencana Koalisi Perubahan, Partai Nasdem tidak ada perbedaan dengan Partai Demorkat.

“Tidak ada perbedaan apapun mengenai kesepakatan dan pandangan. Semua karena niat baik. Kita ingin memberikan kontribusi yang optimal,” kata Paloh.

Terkait dengan sistem proporsional tertutup yang kini tengah digugat di Mahkamah Konstitusi (MK), Paloh berharap menghasilkan keputusan yang baik untuk demokrasi. Sebab, delapan fraksi termasuk Nasdem menolak tegas sistem proporsional tertutup.

“Kami bersyukur juga bersama 8 fraksi di DPR untuk mempertahankan sikap proporsional terbuka,” tandasnya.

Turut hadir saat jumpa pers dari kedua elite partai. Dari Partai Demokrat antara lain Sekjen DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Waketum Demokrat Edhie Baskoro atau Ibas, Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron, Wasekjen Demokrat Jansen Sitindaon dan sejumlah pejabat teras lainnya.

Dari Partai Nasdem antara lain Ketua DPP Sugeng Suparwoto, senior Partai Nasdem HM Prasetyo dan sejumlah pejabat teras Nasdem lainnya.