PKS Jatim: Kader Harus Tingkatkan Mobilisasi  Dan Ekspansi Rebut Kemenangan Di 2024

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan/ist
Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan/ist

Sejumlah gagasan dan ide penting akan dirumuskan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam Rapat Kerja Nasional atau Rakernas pada 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang. Agenda itu akan menjadi konsolidasi kader untuk merebut kemenangan di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.


Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan meminta kader bekerja keras, agar meraih hasil maksimal di Pemilu 2024 nanti. Tahun 2023, kata Irwan, adalah momen penting untuk bergerak dan turun di masyarakat, guna meraih dukungan  maksimal.

"Alhamdulillah sudah tuntas seluruh ikhtiar pemenangan di tahun 2022 dengan seluruh amanat dan tanggung jawab. Nah, tiba saatnya kita memasuki tahun 2023 yang akan dinisbatkan sebagai tahun untuk meningkatkan mobilisasi dan ekspansi,” kata Irwan, Selasa (21/2/2023). 

Dikatakan Irwan, peningkatan upaya yang perlu dilakukan itu adalah untuk memantapkan visi misi PKS. Pada Rakernas mendatang, dinilai bisa menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan mobilisasi dan ekspansi terutama jelang Pemilu mendatang. 

Rencananya, Rakernas tersebut akan diikuti oleh pengurus DPP,  Ketua MPW, Ketua DPW, Sekretariat DPW, Bendahara DPW. Serta 7 Bidang DPW dan Ketua DPD seluruh Indonesia. Selain itu, juga direncanakan bakal ada Apel Siaga Pemenangan. 

Perihal Pemilu 2024, PKS telah menetapkan sejumlah target di Jawa Timur mulai dari perolehan suara di DPR RI, DPRD Provinsi hingga Kabupaten/kota. Rinciannya, PKS Jatim membidik 15 persen Kursi yaitu 13 kursi DPR RI, 19 kursi DPRD Provinsi Jatim, dan 269 kursi DPRD Kab/kota se-Jawa Timur. 

Irwan mengaku bersyukur hasil survei secara nasional partainya berada pada kisaran 5 hingga 9 persen. Sementara di Jawa Timur, elektabilitasnya berada di kisaran 6,1 persen. Irwan menilai hal itu bisa jadi modal untuk terus digenjot. "Untuk itulah seluruh unsur partai harus sepakat, Siap, semangat, dan Solid untuk berjuang," tandasnya. 

Sebelumnya, Juru Bicara PKS Muhammad Kholid menyatakan ada beragam unggulan yang akan dibahas dalam Rakernas PKS. Misalnya politik gagasan, politik pemberdayaan serta politik teritorial kewilayahan. Disisi lain ada juga target pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) PKS beserta turunan dari program unggulan yang telah disebutkan.

Kholid mengatakan, program PKS menyapa, kaderisasi, program pembangunan perempuan dan kepemudaan juga akan dibahas dalam pertemuan tersebut. Seluruh program yang akan dibahas itu bakal bermuara pada pemenangan PKS dalam Pemilu 2024 mendatang.

"Intinya total football bagaimana untuk pemenangan 2024. Jadi rakernas ini penting sekali untuk PKS karena ini memasuki tahun politik Pemilu, kita betul-betul ingin menyiapkan seluruh elemen kami untuk memenangkan PKS 2024," ujar Kholid dikutip dari Kompas.com

Selain program unggulan, Kholid juga berujar perihal kemungkinan deklarasi capres yang akan dilakukan PKS. Seperti diketahui, sebelumnya Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Sohibul Iman telah menyatakan bahwa capres yang akan diusung adalah Anies Baswedan. 

Namun Kholid belum bisa memastikan apakah deklarasi pencapresan Anies akan dilangsungkan sebelum atau saat Rakernas berlangsung. "Intinya kita meresmikan melalui mekanisme internal sesuai AD ART sehingga deklarasi kepartaian akan segera dilakukan," ujarnya.