Wujudkan Ketahanan Pangan, Kapolres Magetan Ajak Anggotanya Tanam Aneka Sayuran

Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan secara simbolis menyerahkan bibit tanaman produktif kepada anggota di wilayahnya/Ist.
Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan secara simbolis menyerahkan bibit tanaman produktif kepada anggota di wilayahnya/Ist.

Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan membagikan 2000 bibit pohon produktif kepada seluruh jajaran di wilayah hukumnya. 


Pembagian bibit pohon produktif ini selain bertujuan reboisasi,  juga untuk mewujudkan ketahanan pangan keluarga anggota Polres Magetan.

"Saya berharap pembagian pohon produktif ini selain sebagai stimulus yang bisa dikembangkan secara Mandiri sebagai ketahanan pangan keluarga anggota, sekaligus upaya menghijaukan kembali bumi Magetan," kata AKBP Muhammad Ridwan didampingi Kasi Humas Polres Magetan AKP Budi Kuncahyo, dikutip Kantor Berita RMol.Jatim, Sabtu (25/2).

Dikatakan Kapolres Muhammad Ridwan, Pemberian bibit tanaman tersebut diharapkan bisa dikembangkan secara mandiri oleh anggota, sehingga mampu mewujudkan ketahanan pangan keluarga anggota.

"Melalui program ketahanan pangan, kita dorong anggota agar memanfaatkan lahan kosong, sehingga itu menjadi lahan produktif dan dapat memenuhi pangan secara mandiri,"ujar  Kapolres Muhammad Ridwan.

Dengan tanaman pohon produktif, lanjut Kapolres Muhammad Ridwan, memanfaatkan lahan kosong, anggota bisa terpenuhi kebutuhan sayur mayur juga berhemat.

"Dengan menanam bibit pohon produktif ini anggota menciptakan ketahanan pangan di cuaca alam yang tidak menentu, berdampak inflasi (kenaikkan harga bahan pokok makanan),"ungkap Muhammad Ridwan.

Bibit pohon produktif yang dibagi bagikan itu beraneka jenis buah buahan, sayur mayur seperti jagung manis, bayam hijau, bayam merah, brokoli, cabe rawit, kangkung darat, kemangi, mentimun, sawi putih, selada, seledri, terong, dan bibit tomat.

"Bibit tanaman ini mudah mudahan bermanfaat, karena pada dasarnya merupakan suatu kegiatan pemeliharaan sumber daya hayati yang memanfaatkan lahan kosong dan bisa dipanen dalam kurun waktu relatif cepat,"kata Kapolres Muhammad Ridwan.

Dikatakan Kapolres, dengan menanam tanaman produktif ini bisa berguna untuk anggota,  keluarga, juga warga sekitar Kantor, perumahan dan lahan lahan kosong Mapolsek. 

"Paling tidak kita bisa menghemat pengeluaran dan berbagi dengan warga masyarakat dimana anggota berada dan tinggal serta ini bisa menciptakan harmonisasi dalam masyarakat,"pungkas Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan.