Pastikan Bacaleg Berkualitas DPC PKB Gresik Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan

Ketua DPC PKB Kabupaten Gresik Muchammad Abdul Qodir,
Ketua DPC PKB Kabupaten Gresik Muchammad Abdul Qodir,

DPC PKB Kabupaten Gresik, mengelar Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) terhadap puluhan bakal calon legislatif (bacaleg) yang akan maju dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2024.


Menurut Ketua DPC PKB Kabupaten Gresik Muchammad Abdul Qodir, tujuan dari pelaksanaan UKK untuk melakukan penjaringan potensi terhadap para bacaleg yang akan diusung.

"UKK ini untuk memastikan bahwasan bacaleg yang terpilih dalam Pemilu 2024, nantinya saat menjadi anggota legislatif bisa memiliki gagasan atau ide yang tertuju kepada kepentingan rakyat dan bukan hanya sekedar duduk manis saja di gedung parlemen," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (26/2).

"Materi yang menjadi bahan UKK, tentunya wawasan kebangsaan dan kepartian khususnya tentang PKB. Serta juga untuk mengali seberapa jauh pemahaman atau pengetahuan bacaleg tentang fungsi dan tugas legislatif," tuturnya.

Qodir menambahkan, bahwa ada sekitar 70 orang yang telah mendaftarkan diri sebagai bacaleg. Baik yang daftar melalui aplikasi online maupun datang  langsung ke Kantor DPC PKB Gresik.

"Sistem pendaftaran bacaleg yang kita lakukan ada dua metode, manual atau mendaftar langsung ke Kantor DPC dan juga online," tuturnya.

"Dari total 70 lebih bacaleg yang telah mendaftar, tentunya akan kita seleksi secara bertahap melalui UKK ini. Baik itu bacaleg incumbent (petahana) maupun newcommers (pendatang baru) untuk memastikan kualitas dan kuantitasnya," ungkap Ketua DPRD Gresik ini.

Ditanya terkait target perolehan kursi parlemen pada Pemilu 2024, Qodir menegaskan pihaknya memasang target realistis tidak bermuluk-muluk.

"Target kita realistis saja, dari 13 kursi menjadi 16 kursi. Hitungan ini, berdasarkan basis massa riil PKB yang tersebar diwilayah Kabupaten Gresik. Karena PKB partainya orang NU, kami optimis target bisa tercapai dengan maksimal," pungkasnya.


ikuti update rmoljatim di google news