Bupati Tuban Akan Realisasikan Bantuan Alat Transportasi dan Jalan Lingkar Dusun Terpencil 

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky saat meninjau dusun terpencil di Kabupaten Tuban/RMOLJatim
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky saat meninjau dusun terpencil di Kabupaten Tuban/RMOLJatim

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky sambang desa (Kunker) untuk meninjau dusun terpencil di Kabupaten Tuban yakni Dusun  Dermalang, Desa Mlangi, Kecamatan Widang, yang terdampak luapaan sungai. Luapan tersebut disebabkan intesitas curah hujan tinggi belakangan ini.


Bupati Lindra menyusuri sungai untuk menuju titik sasaran dengan mengunakan perahu tradisional. Setelah sampai di tempat, Bupati Tuban yang akrab disapa Mas Bupati mengajak seluruh perangkat desa beserta masyarakat untuk berdiskusi mencari solusi terbaik dan tercepat, sebab banjir terjadi setiap tahun dan menggenangi beberapa dusun di desa tersebut.

Dalam diskusi tersebut, Pemkab Tuban akan memberikan bantuan perahu yang layak dan jalan lingkar desa sebagai sarana transportasi warga untuk menuju pusat desa. 

"Usai diskusi semua warga menyatakan setuju untuk diberikan bantuan transportasi sungai yang lebih aman dan jalan lingkar sepanjang 400 meter, kita akan realisasikan tahun ini," ucap Mas Bupati dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (3/3).

Sementara itu, Kepala Desa Mlangi Siswarin menyampaikan terimakasihnya atas kunjungan bupati beserta jajaran ke Desa Mlangi.

Ia mengaku, banjir luapan sungai Mlangi memang sudah menjadi langganan ketika musim penghujan tiba, apalagi di dusun yang warganya mayoritas berprofesi sebagai petani dan petambak. Sungai yang sempit tidak bisa menampung debit air hujan ditambah air kiriman dari hutan yang ada didataran tinggi daerah tersebut. 

Akibatnya, akses menuju daratan terutama masyarakat Dusun Dermalang terputus akibat terendam air. Otomatis warga harus menggunakan perahu untuk bisa menuju ke pusat desa.

"Memang sebagian besar masyarakat sini harus pakai perahu, dan punya perahu kecil, tapi tidak safety," pungkasnya.