Upaya Pemkab Lamongan Komitmen Gairahkan Pelaku UMKM

Bupati Lamongan saat di lapak UMKM/ RMOLJatim
Bupati Lamongan saat di lapak UMKM/ RMOLJatim

Lantaran mengalami  kontraksi disektor perekonomian saat pandemi menimpa negeri ini , kini  Lamongan mampu bangkit kembali dengan angka 5,56% pada tahun 2022. Kebangkitan  tersebut didukung salah satunya dengan adanya UMKM yang terus naik kelas.


Berkomitmen untuk terus menggairahkan pelaku UMKM, Pemkab Lamongan konsisten memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM. Didepan Pasar Desa Bakalanpule Kecamatan Tikung, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi meresmikan sentra kuliner Pasar Bakalanpule.

Hadirnya sentra kuliner di sana diharapkan mampu menjadi pusat perekonomian masyarakat sekitar. 

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepada 20 stand kuliner yang dikelola oleh Bumdes Bakalanpule Sejahtera itu, Bupati yang akrab disapa Pak Yes mengajak para masyarakat untuk meramaikan sentra kuliner dengan gerakan #AyoDitumbasi.

"Hadirnya sentra kuliner di Pasar Bakalanpule ini harus kita ramaikan, karena Lamongan punya gerakan #AyoDitumbasi. Dengan gerakan tersebut akan menjadikan sentra kuliner disini menjadi pusat perekonomian," tutur Pak Yes dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (6/3)

Menurut Kepala Desa Bakalanpule Sukisno menerangkan bahwasanya sebelum dibangun sentra kuliner, para pedagang berjualan di pinggir jalan dan tidak menetap. Maka dari itu tujuan didirikannya sentra kuliner yang terletak di baris terdepan Pasar Bakalanpule ialah untuk mewadahi para penjual makanan serta untuk merangsang perkembangan Pasar Desa Bakalanpule.

"Sebelumnya para pedagang berjualan tidak menetap, ada yang dipinggiran jalan dan adapun yang di rumah masing-masing. Pemdes berinovasi sentra kuliner utamanya ditujukan untuk mewadahi para pedagang sekaligus merangsang perkembangan Pasar Bakalanpule," terang Sukisno.

Untuk menandai peresmian sentra kuliner di Bakalanpule juga diadakan jalan sehat yang melibatkan 3-5 ribu warga umum. Jalan sehat akan melewati rute jalan poros desa saja agar tidak menggangu aktivitas jalan. Dimulai pukul 6 pagi, jalan sehat tersebut bertakjub puluhan hadiah menarik mulai dari lemari es, sepeda listrik, mesin cuci, dan lainnya.