Giatkan ''Vox Populi'', Relawan Anies Menembus Desa

Video dokumentasi tur menembus desa di Sidoarjo/repro
Video dokumentasi tur menembus desa di Sidoarjo/repro

Simpul relawan Anies mulai bergerak aktif masuk ke desa-desa. Kegiatan bertajuk 'Vox Populi' ini merupakan aksi kolaboratif.


''Sarana yang digunakan bus yang disediakan oleh simpul Jaringan Relawan Nasional (JARNAS), saya mengikuti dengan naik motor dari belakang. Sembari mendokumentasikan,'' papar Oyon Zimbar dari simpul relawan BARA24 kepada Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (12/3).

Kegiatan itu sudah berlangsung sejak beberapa pekan lalu. Sekitar 20 orang relawan ikut tur berada dalam bus. Mereka melakukan perjalanan mulai dari Sidoarjo sampai ke Pandaan, lalu kembali ke Sidoarjo. Bus berhenti di sejumlah titik lokasi dan para relawan turun dari bus untuk berinteraksi dengan warga.

''Respon warga setempat sangat bagus, dan umumnya sudah mendengar nama Anies Baswedan. Ya, kita ngobrol seputar kegiatan mereka serta harapan mereka terhadap Anies,'' papar seniman produktif ini. 

Diantara harapan itu diungkapkan seorang pedagang gorengan yang ditemui Oyon saat bus berhenti di sebuah desa di Sidoarjo. ''Ia (pedagang) sudah tahu nama Anies, dan ia berharap Anies membawa kebaikan serta perubahan. Saya surprise mendengar itu, sebab awalnya sekadar tanya apa dia kenal nama Anies,'' urai Oyon.

Di sela-sela perjalanan tur, Oyon yang naik motor juga sempat menemui beberapa sopir di sekitar Tanggulangin, Sidoarjo. Ia berbincang akrab dengan para anggota komunitas sopir itu. 

''Ternyata para sopir anggota komunitas di lokasi itu juga sudah kenal nama Anies dan tahu Anies dari media massa,'' cetusnya.