Bebaskan Biaya Layanan Kesehatan, Bupati Malang Terima Penghargaan UHC Award 2023

Bupati Malang, H.M. Sanusi (Kanan) saat menerima thropy penghargaan UHC dari Mendagri/Ist
Bupati Malang, H.M. Sanusi (Kanan) saat menerima thropy penghargaan UHC dari Mendagri/Ist

Bebaskan biaya layanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu, Pemerintah Kabupaten Malang (Pemkab) Malang meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional pada puncak acara UHC Awards 2023 yang dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma'ruf Amin.


Dalam hal ini, Bupati Malang, H.M Sanusi langsung menerima thropy penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian didampingi Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Gufron Mukti di Balai Sudirman Jakarta Selatan, Selasa (14/3).

Atas penghargaan itu, Bupati Malang, H.M. Sanusi mengatakan, bahwa Pemkab Malang telah memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu sebanyak 661 ribu jiwa secara gratis.

''Alhamdulillah, bersyukur Pemerintah Kabupaten Malang meraih UHC Awards 2023. Penghargaan ini dari hasil penilaian Pemerintah Pusat, bahwa Pemerintah Kabupaten Malang melayani kesehatan bagi masyarakat kurang secara gratis, dengan melalui di 39 Puskesmas yang ada di Kabupaten Malang, serta RSUD Kanjuruhan, RSUD Lawang dan RSUD Ngantang. Tak hanya itu masyarakat yang kurang mamapu dapat dilayani di semua Rumah Sakit dan Klinik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sesuai kebutuhan medisnya," ungkapnya.

"Penghargaan UHC ini merupakan juga sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat terhadap layanan kesehatan yang accessibility atau mudah diakses bagi masyarakat di daerah," imbuh Bupati Malang.

Kemudian, H.M. Sanusi juga menyampaikan, untuk cakupan UHC Kabupaten Malang pada 2023, tercatat progres pencapaian UHC hingga bulan Maret 2023 sudah mencapai 2.580.323 atau 97,26 persen, dari total jumlah penduduk 2.653.085 jiwa.

"Terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Malang yang telah aktif dalam melaksanakan jaminan kesehatan dengan bergabung bersama BPJS Kesehatan, sehingga masyarakat Kabupaten Malang telah tercover sebanyak 97,26 persen," tuturnya.

Sementara itu, Pemerintah Pusat merilis penyerahan UHC Award 2023 kepada pemerintah daerah, yang telah melindungi penduduknya lebih dari 95 persen dan telah mendaftarkan dalam segmen PBPU Pemerintah Daerah.

Pemkab Malang menerima penghargaan ini bersama para kepala daerah dari 22 provinsi dan 334 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia. 

UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan, promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau.

Sedangkan definisi UHC sendiri merupakan perwujudan tiga hal yang saling berhubungan yakni, kesamaan akses pelayanan, kesehatan setiap orang yang membutuhkan akan mendapatkan pelayanan kesehatan. 

Tentunya hal ini tetap memperhatikan kualitas pelayanan kesehatan yang baik dan terus meningkat bagi peserta yang menerima pelayanan dan memastikan biaya pelayanan kesehatan yang digunakan tidak membuat masyarakat dalam kerugian finansial.

Dalam kegiatan itu, nampak hadir mendampingi Bupati Malang di Jakarta diantaranya Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang Raya, Roni Kurnia Hadi Permana, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Malang, Ariyanti serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang.