Selama Ramadhan, Rumdin Wali Kota Probolinggo Digunakan Khotmil Menggunakan Al Qur'an Ukuran Raksasa

Caption : Penyelenggaraan Khotmil Qur'an Di Rumdin Wali Kota Probolinggo.
Caption : Penyelenggaraan Khotmil Qur'an Di Rumdin Wali Kota Probolinggo.

Pemerintah Kota Probolinggo menyelenggarakan Khotmil Al-Qur'an selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah di Rumah Dinas Wali Kota Probolinggo.


Dalam pelaksanaan Khotmil Al-qur'an tersebut menggunakan Al-qur'an raksasa dengan ukuran 1×1,5 M yang diberikan oleh Yayasan Pendidikan Ilmu Al Qur'an Wonosobo kepada Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin.

Al-Qur'an raksasa ini urutan ke 12 pembuatannya yang ditulis tangan oleh tiga orang dosen Universitas Sain Al Qur'an (Unsiq) Wonosobo dalam waktu pengerjaan 7 bulan (Maret-November 2022). 

Menggunakan kertas khusus dari percetakan Kudus. Dengan bobot total 160 kg, menghabiskan tinta sekitar 20 liter, pada waktu penulisan kondisi penulis haruslah suci (berwudhu) bahkan berpuasa.

“Jadi butuh dua orang untuk membuka lembaran ke lembaran Qur’an, karena memang pesan dari bapak wali kota dan juga pesan dari penerbit atau penulis dari Al-Qur’an itu sendiri supaya membukanya hati-hati. Karena ketika itu rusak, maka sulit kita mendapatkan Al-Qur’an yang sudah ada ini. Artinya, mulai dari kertas dan tulisannya itu tidak bisa sesuai dengan apa yang sudah kita dapat sebelumnya,” terang Ketua BAZNAS Hakimuddin, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (24/3).

Hakimuddin menjelaskan, bahwa Khotmil Qur’an tersebut dilaksanakan setiap hari di bulan Ramadan, selama 1.5 jam, dari jam 08.00 pagi hingga jam 09.30 pagi, target membaca setiap hari sekira 1.5 juz dengan pembacaan metode tartil, sekira lebih kurang 93 orang haafizh-haafizhah Kota Probolinggo. 

“Pada akhir bulan Ramadan Al-Qur’an raksasa ini sudah bisa khatam dan kita sudah bisa doa bersama,” pungkasnya.