Hadiri Water Korea 2023, SIER dan PDAM Surabaya Kerja Sama Peningkatan Kualitias Air Kawasan Industrii

Kegiatan Water Korea 2023, yang diselenggarakan Wastewater Works Association
Kegiatan Water Korea 2023, yang diselenggarakan Wastewater Works Association

Air merupakan sumber daya alam paling penting bagi kehidupan. Salah satunya bagi kawasan industri, yang digunakan dalam banyak kegiatan. Seperti bahan baku produksi, pendinginan, pelarutan dan masih banyak lagi.


Sadar akan pentingnya peningkatan kualitas pengelolaan air di kawasan industri ini, PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) bersama PDAM Surya Sembada Surabaya, hadir dalam Water Korea 2023 yang telah dihelat pada 20-23 Maret 2023 di Kintex Korea International Exhibition Center Goyang-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan.

Direktur Utama PT SIER, Didik Prasetiyono bersama Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya Arief Wisnu Cahyono, hadir dalam beberapa rangkaian acara yang diadakan oleh Korea Water and Wastewater Works Association (KWWA) tersebut.

"Sebagai pengelola kawasan industri, kami menganggap sangat penting pertemuan ini. Dengan terus memperhatikan perkembangan teknologi peningkatan kualitas air yang digunakan di kawasan industri, maka upaya meminimalisir risiko kerusakan peralatan karena kualitas air, meningkatkan efisiensi produksi, mengurangi limbah dan pencemaran, serta memberikan manfaat positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar dapat terus ditingkatkan," kata Didik, saat dikonfirmasi, Selasa (28/3/2023).

Dalam kegiatan tersebut, kata Didik, mengikuti serangkaian acara bersama delegasi sembilan negara lainnya. Diantaranya mengunjungi Ilsan multi-regional water supply system, yang menyediakan air rumah tangga ke Kota Baru Ilsan dan Kota Goyang sejak Juli 1992. Proses pemurnian air (water purification) dengan baku air yang diambil dari hulu sungai Han dengan kapasitas pasokan air harian sebesar 250.000 m3.

Kemudian juga menyaksikan teknologi yang dimiliki Ssenypang, sebagai salah satu perusahaan yang berpatisipasi di Water Korea 2023. Perusahaan yang berasal dari Korea ini menarik perhatian dengan inovasi mesin pembersih saluran pipa air menggunakan gas nitrogen.

“Ke depannya, SIER akan bekerja sama dengan PDAM Surabaya melakukan peningkatan kualitas air di kawasan industri Rungkut agar tenant dan investor terlayani lebih baik. Dengan kualitas air yang baik itu artinya juga bisa menekan pengeluaran perusahaan,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya, Arief Wisnu Cahyono menambahkan, setelah dari pameran Water Korea 2023 ini pihaknya akan melakukan kerja sama dengan salah satu perusahaan Korea yang melakukan pembersihan pipa PDAM. Sebab selama ini banyak pipa yang sudah puluhan tahun tidak pernah dibersihkan.

"Di Korea Selatan sudah ada aturan setiap 10 tahun pipa PDAM harus dibersihkan. Disana sudah ada teknologi yang menggunakan gas nitrogen untuk membersihkan pipa PDAM. Biayanya jauh lebih murah dibanding mengganti pipa yang baru. Hanya sekitar 10-20 persen dari penggantian pipa baru," jelasnya.

Menurut Wisnu, di Indonesia termasuk di Surabaya belum ada aturan yang mewajibkan penyedia jasa layanan air bersih untuk membersihkan pipa secara berkala. Oleh karenanya banyak pipa yang sudah puluhan tahun tidak dibersihkan.

"Selama ini kita membersihkannya menggunakan air dengan tekanan besar. Atau mengganti pipa jika ada yang bocor. Selama tidak ada kerusakan ya tidak kita ganti. Dengan teknologi dari Korea Selatan ini, pembersihan pipa lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama," ungkapnya.

Teknik sederhana pembersihan itu, jelas Wisnu, yakni dengan menggunakan tekanan gas nitrogen pada waktu pipa kosong. Dengan tekanan itu bisa membersihkan kotoran dengan cepat dan bersih. 

"PT SIER selaku penerima layanan dari PDAM Surya Sembada juga berkepentingan untuk memberikan pelayanan air yang berkualitas bagus untuk para tenantnya. Makanya kami ingin bekerjasama untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi," pungkasnya.