Jaga Kelestarian Air Bersih, PE Dan POMI Jalankan Perlindungan Sumber Mata Air

Caption 1 : Salah Satu Pengelolaan Sumber  Mata Air Di Desa Binor
Caption 1 : Salah Satu Pengelolaan Sumber  Mata Air Di Desa Binor

Sebagai bentuk pelestarian sumber daya air bersih untuk masyarakat, PT Paiton Energy (PE) dan POMI melalui program Paiton bErsiNERGY menjalankan Program Perlindungan Sumber Mata Air di Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.


Atas program tersebut, PE-POMI meraih penghargaan Indonesia Green Award 2023 untuk kategori Penyelamatan Sumber Daya Air Pada program Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Sinergi Hulu dan Hilir di Desa Binor dalam melindungi mata air.

Desa Binor  merupakan daerah dimana sebagian besar penduduknya tinggal di wilayah pesisir pantai yang kekurangan sumber air bersih. Seiring makin pesatnya aktivitas masyarakat setempat, maka semakin sulit untuk pemenuhan kebutuhan air bersih. Selain itu, sumber daya air di desa tersebut umumnya payau dan asin. 

Guna turut membantu mengatasi persoalan tersebut, PE-POMI melakukan upaya konservasi mata air sebagai sumber kehidupan melalui sinergi hulu dan hilir sumber mata air di Desa Binor. 

Adapun bentuk konservasi mata air yang dilakukan oleh PE-POMI seperti penanaman pohon pengikat air di area sumber mata air, pengeboran air artesis, pipanisasi ke rumah-rumah penduduk, pemasangan solar panel untuk kebutuhan listrik pada tandon air, serta sosialisasi tentang pembuangan dan pemanfaatan sampah. 

Hal tersebut telah dapat memberikan dampak positif terhadap ketersediaan air di Desa Binor, selain memenuhi kebutuhan rumah tangga, air dimanfaatkan untuk bercocok tanam di pekarangan rumah dan juga untuk pertanian.  Saat ini total pengguna manfaat dari program tersebut sebanyak 400 KK, setelah masyarakat memperoleh air bersih dengan terpasangnya pipanisasi di setiap rumah warga, maka rata-rata biaya untuk air bersih hanya Rp 50 – 70 ribu/bulan/KK. Ini jauh lebih hemat 10 kali lipat dari sebelumnya yang mencapai Rp 400 – 680 ribu/bulan/KK.

Bambang Jiwantoro, Head of External Relations PT Paiton Energy mengatakan, pada 2006 Perusahaan mulai menginisiasi pengelolaan dan ketersediaan air bersih untuk kepentingan masyarakat di Desa Binor sebagai bentuk praktek nyata dari tanggung jawab sosial Perusahaan terhadap sumber kehidupan yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Kebutuhan air bersih masyarakat di Desa Binor cukup tinggi sehingga program ini terus dikembangkan setiap tahunnya. Program sanitasi air bersih telah dilaksanakan di Desa Binor sejak tahun 2006-2022,” katanya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (7/4).

Dalam melaksanakan Program Perlindungan Sumber Mata Air di Desa Binor, Perusahaan bekerja sama juga dengan berbagai pihak. Antara lain, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Binor, dan kelompok masyarakat. 

“Dampak positif dari program tersebut tidak hanya sebatas penyediaan air bersih tetapi juga kapasitas dan pengetahuan masyarakat tentang bagaimana melindungi sumber mata air sehingga muncul local hero – local hero di Desa Binor di bidang pelestarian lingkungan,” kata Nur Hasan, ketua BUMDes Binor.