Mudik Lebaran, TNI AL Siap Amankan Jalur Laut

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali/Ist
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali/Ist

Tentara Nasional Indonesia (TNI) matra Angkatan Laut siap melakukan pengamanan di wilayah perairan selama musim mudik lebaran tahun 2023.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta Utara, Kamis (6/4).

Ali menjelaskan bahwa bentuk pengamanan dilakukan sejak dini, sebab sejauh ini kondisi pandemi Covid-19 melandai dan kehidupan masayarakat berlangsung normal. Artinya, bisa jadi ada banyak antrean masuk para pemudik di pelabuhan kota asal dan kota tujuan.

Pihaknya mengatakan akan mengantisipasi meledaknya jumlah pemudik, khususnya para pengguna sepeda motor karena dapat diangkut oleh KRI.

"Dan masyarakat akan lebih nyaman, diharapkan risiko diperjalanan bisa ditekan," Muhammad Ali dimuat Kantor Berita Politik RMOL.

Selain pengamanan, Ali juga menyiapkan unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk mendukung aktivitas mudik masyarakat ke kampung halaman secara gratis pada Idul Fitri ini.