Kemenpora Lepas Kontingen Indonesia Menuju Sea Games Kamboja

Kontingen Indonesia saat di kantor Kemenpora RI
Kontingen Indonesia saat di kantor Kemenpora RI

Mentri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo resmi melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga pada Sea Games Kamboja 2023 di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa pagi (2/5).


"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, saya mengukuhkan kontingen Indonesia untuk SEA Games Kamboja tahun 2023," kata Menpora Dito.

Dalam sambutannya, Menpora Dito ingin agar kontingen Indonesia dapat mengharumkan nama bangsa di ajang tersebut. 

"Multievent SEA Games dan Asian Games dapat kita jadikan untuk target antara jelang Olimpiade di Paris. Maka berjuanglah semaksimal mungkin dengan menjunjung tinggi sportivitas karena hasil SEA Games dapat jadi tolak ukur untuk Olimpiade," ujar Menpora pada Kantor Berita RMOLJatim

Kontingen Indonesia diperkuat oleh total 599 atlet yang ikut dalam 31 cabang olahraga. Selain itu sebanyak 230 ofisial dan 55 personel tenaga medis juga akan berangkat ke Kamboja.

"Kekuatan Indonesia saat ini merupakan komposisi terbaik menuju SEA Games Kamboja. Kontingen Indonesia 31 cabor dari 36 cabor. Sebanyak 599 atlet didampingi pelatih dan ofisial sebanyak 230 orang sehingga totalnya 884 orang," ucap Dito.

Turut hadir dalam acara pelepasan tersebut yaitu Ketua Komite Olimpiade (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari, Plt Sekjen NOC Indonesia Harry Warganegara, Ketua Badan Antidoping Indonesia (IADO) Gatot S. Dewa Broto, dan Mikha Tambayong serta Dustin Tiffani dari kalangan selebritas.

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dalam pidatonya ingin kontingen Indonesia menyabet seluruh medali emas yang dilombakan di SEA Games. 

"Kami memberi apresiasi untuk cabor yang sangat serius dalam menyiapkan pembinaan prestasi," tutup Okto.